Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Psikotes Online Dorong Untuk Pengembangan Diri
Heri Asya
Jum'at, 15 September 2017   |   760 kali

Jakarta (14/9) – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta selenggarakan psikotes online di ruang rapat kantor.  Psikotes ini diadakan  sesuai amanat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 130/KMK.01/2013 tentang  penataan pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan.

Psikotes online ini diawasi langsung oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi, Dodo Sukandar  dan Kasi Kepatuhan Internal, Hari Isnaeni.  Pelaksanaannya terbagi menjadi tiga sesi yang dimulai dari pukul 08.00 WIB dengan peserta secara keseluruhan 18 orang pegawai.

Dodo di setiap awal sesi selalu mengingatkan agar peserta membaca soal dengan seksama dan sungguh-sungguh mengerjakannya. Ia juga menyampaikan tata tertib ujian.” Psikotes ini dilaksanakan dalam rangka mengukur potensi saudara untuk kemudian dipetakan dan diberikan pengembangan yang sesuai. Hasil ujian ini akan memberikan implikasi langsung terhadap pengembangan saudara” ujar Dodo mengingatkan. Selain itu, lebih luas lagi berguna untuk  pengelolaan dan pengembangan SDM Kanwil DJKN DKI Jakarta khususnya dan Kementerian Keuangan pada umumnya. 

Para pegawai cukup serius menggeluti soal-soal namun tak jarang senyum lebar pun mengembang. Lenguhan kesal terkadang juga keluar saat membaca soal. Bisa dimaklumi mengingat pesertanya, beberapa orang sudah cukup senior dan lama tidak mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan matematika. Seperti yang diungkapkan Nita, “Duh, kita suruh ngitung waktu tempuh dari London!” ujarnya.

Kesulitan-kesulitan kecil saat mengerjakan soal rupanya tidak menyurutkan semangat para peserta.  Mereka yakin, psikotes tersebut akan bermanfaat dalam memetakan potensi mereka dan mendorong untuk lebih mengembangkan diri agar tidak ketinggalan dan setara dengan pegawai lain. (teks/foto: Asya)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini