Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
BIMBINGAN TEKNIS ANALISA KELAYAKAN BISNIS
Ivan Tauriesanto
Selasa, 18 Desember 2018   |   241 kali

Rabu, 12 Desember 2018, bertempat di Universitas Sumatera Utara, Tim Penilai pada KPKNL Jakarta I dan Kanwil DJKN DKI Jakarta melaksanakan survey penilaian dalam rangka kegiatan bimbingan teknis analisa kelayakan bisnis. Objek penilaian yang disurvey adalah tanah beserta  bangunan gedung eks wisma mahasiswa yang berada di komplek Universitas Sumatera Utara yang pernah diajukan untuk usulan permohonan kerja sama pemanfaatan oleh pihak ketiga. Dengan demikian objek penilaian ini tepat dijadikan sebagai contoh dalam kegiatan bimbingan teknis analisa kelayakan bisnis.

Sesuai contoh proposal yang diajukan, menurut rencana objek penilaian ini akan dijadikan hotel dan dikelola oleh pihak ketiga, sehingga selain survey atas objek penilaian, Tim Penilai juga melakukan berbagai macam survey yang terkait dengan rencana pemanfaatan BMN antara lain, harga penawaran tanah setempat, tarif sewa hotel dengan kategori tertentu dan di kawasan tertentu, peruntukan/zoning daerah setempat,  data-data dari Badan Pusat Statistik, dan lain-lain.

Setelah survey dilaksanakan dan data-data telah dikumpulkan, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan materi terkait analisa kelayakan bisnis yang dipandu oleh Budi Purnomo, Kepala Seksi Standardisasi Penilaian Bisnis II dan Pramidya Dwi Cahyadi, pelaksana pada Direktorat Penilaian. Selain menyampaikan materi, para narasumber  juga membimbing Tim Penilai untuk langsung melakukan analisa perhitungan berdasarkan data-data yang telah diperoleh.

Bagi sebagian Tim Penilai, analisa kelayakan bisnis merupakan hal yang baru sehingga di awal penjelasan atas materi analisa kelayakan bisnis dan pembuatan analisa perhitungan cukup banyak pertanyaan yang diajukan oleh Tim Penilai kepada narasumber. Namun dengan bimbingan dari narasumber yang telah berpengalaman dalam membuat analisa kelayakan bisnis, kegiatan ini dapat diselesaikan dengan baik. 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini