Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Edukasi Publik, Kanwil DJKN Jabar, KPKNL Bandung dan KPPN Bandung I Di Forum Publik TVRI Jabar
Yenni Marina
Rabu, 26 Oktober 2022   |   200 kali

Bandung -  Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Tavianto Noegroho menjadi narasumber dalam acara Forum Publik yang disiarkan secara langsung oleh TVRI Jawa Barat. Bersama narasumber lainnya dari Wakil Kepala Kanwil  Bank Syariah Indonesia Regional Bandung, Rama Dian dan dari KPKNL Bandung, Pelengan Madya  Dedy Christanto pada Senin, (24/10). Acara berlangsung selama 60 menit ini dipandu oleh Kepala KPPN Bandung 1 Hermawan Sukoasih dengan mengusung tema “Modernisasi Lelang, Sebuah Keniscayaan” Ayoo Investasi Melalui Lelang. Acara ini merupakan sinergi Kemenkeu Satu Jabar guna memberikan edukasi kepada publik.


Tema ini sangat relevan dengan kondisi saat ini mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum teredukasi mengenai lelang yang diselenggarakan DJKN cq. KPKNL. Masih banyak masyarakat yang rancu dengan pengertian lelang dan tender serta masih banyak juga masyarakat yang belum paham bahwa lelang bisa menjadi instrument investasi. Melalui acara ini masyarakat didorong agar tidak ragu untuk ikut lelang karena sistemnya kini sudah lebih modern dan tentunya lebih akuntabel.


Tavianto memulai dengan memberikan insight bahwa sejak 2015 DJKN telah melakukan modernisasi proses lelang dengan lelang online (e-auction). Selain untuk menjaga akuntabilitas lelang, modernisasi proses lelang ini juga untuk menjawab keraguan masyarakat yang masih memandang bahwa lelang itu bisa diatur dan banyak tipu-tipu. Ia menegaskan bahwa lelang sangat berbeda dengan tender, lelang adalah penjualan sedangkan tender adalah pembelian.


Perbedaan mendasar lainnya adalah pelaksanaan lelang yang harus dilakukan dihadapan Pejabat Lelang. Dan untuk bisa mengikuti lelang online ini calon peserta lelang diwajibkan untuk membuat akun lelang terlebih dahulu. Adapun persyaratan yang harus dilengkapi untuk membuat akun lelang ini adalah KTP, NPWP, e-mail, dan nomor rekening untuk diupload pada saat pembuatan akun lelang.

Narasumber dari KPKNL Bandung Dedy Christanto yang merupakan Pelelang Madya  menyambung dengan menyampaikan bahwa lelang online tersebut dilaksanakan melalui portal Lelang Indonesia dengan alamat www.lelang.go.id yang dapat diakses dengan berbagai media seperti Personal Computer (PC), tablet maupun gadget/handphone (HP). Jika menggunakan HP, portal Lelang Indonesia dapat diunduh melalui playstore.


“Inilah salah satu kemudahan yang diberikan dengan modernisasi lelang, dimana lelang dapat diikuti lewat “genggaman tangan”, dari mana saja dan kapan saja. Namun untuk dapat mengikuti lelang online ini tentunya ketersediaan internet menjadi sebuah keharusan,” ujarnya.

 

Diskusi semakin meluas dengan hadirnya narasumber dari Bank Syariah Indonesia Regional Bandung, Rama Dian selaku Wakil Kepala Kanwil Bank Syariah Indonesia Regional Bandung yang menyampaikan bahwa lelang online ini memudahkan masyarakat untuk memilih asset/properti di daerah mana saja baik untuk dimanfaatkan sendiri maupun untuk investasi.   

Diskusi berlanjut dengan membahas peran lelang terhadap UMKM. Sebagaimana diketahui bahwa kini platform Lelang Indonesia sudah tersedia lapak khusus untuk lelang UMKM. Hal itu merupakan wujud nyata peran lelang terhadap UMKM. Keberpihakan terhadap UMKM lainnya diwujudkan dengan keringanan berupa tidak dikenakannya bea lelang penjual bagi pelaku UMKM yang menjual produknya melalui www.lelang.go.id.


Beberapa tips juga diberikan agar masyarakat tidak sampai kena tipu lelang, diantaranya untuk tidak percaya jika ada yang mengaku pegawai DJKN/Kanwil/KPKNL dan menjanjikan menang. Pastikan hanya menawar barang yang ditawarkan melalui akun resmi Lelang Indonesia atau www.lelang.go.id. Jangan pernah menyetorkan uang jaminan ke rekening pribadi dan jangan ragu-ragu untuk menanyakan lebih lanjut ke KPKNL terdekat atau Halo DJKN di nomor 150-991.

Sinergi yang apik dalam acara ini diharapkan dapat mengedukasi publik sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tertipu lelang. Diharapkan juga akan lebih banyak masyarakat yang menggunakan lelang sebagai sarana jual beli yang mudah, aman dan tepercaya. Jangan ragu-ragu, ikut lelang saja! Hanya di www.lelang.go.id.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini