Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kolaborasi KEMENKEU SATU JABAR Bersama UMKM Sukses Digelar!
Yenni Marina
Senin, 24 Oktober 2022   |   78 kali
Sebagai penggagas dan pelaksana kegiatan, Kanwil DJKN Jabar sukses menggelar kegiatan “Kolaborasi Kemenkeu Satu Jabar Bersama UMKM Membangun Negeri”. Kegiatan yang melibatkan seluruh Unit Eselon I Kemenkeu di Jabar, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung serta BRI Regional Office Jabar ini menggandeng sekitar 50 UMKM di Jabar. Kegiatan yang digelar selama 3 (tiga) hari sejak Rabu 19 Oktober 2022 hingga Jumat 21 Oktober 2022 ini diisi dengan berbagai acara yaitu sosialisasi, talkshow, lelang charity, bazar UMKM, senam bersama, dan live music  memeriahkan acara bazar UMKM.

Sebagai pembuka pada hari pertama telah sukses dilaksanakan sosialisasi secara hybrid dengan menghadirkan narasumber dari seluruh Unit Eselon I Kemenkeu di Jabar untuk memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM dan masyarakat. Selain itu hadir pula narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung. Materi yang diberikan adalah terkait kebijakan-kebijakan di Kemenkeu dan Dinas Koperasi UKM Kota Bandung dalam pemberdayaan UMKM. Para pelaku UMKM yang hadir secara luring di Auditorium GKN Bandung tampak antusias hingga tanya jawab dan diskusi berjalan interaktif. Ternyata, masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami secara menyeluruh dan mendalam terkait kebijakan-kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM sehingga acara ini betul-betul mencerahkan dan dapat memberikan pemahaman lebih. Hal ini sesuai dengan harapan yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Kemenkeu Jabar yang juga menjabat sebagai Kepala Kanwil DJKN Jabar, Tavianto Noegroho dalam keynote speech saat membuka acara. 

Acara berlanjut di hari kedua dengan talkshow yang menghadirkan para pimpinan Unit Eselon I di Jabar. Acara ini diharapkan dapat lebih memperdalam lagi pemahaman para pelaku UMKM terkait kebijakan-kebijakan Kemenkeu dalam pemberdayaan UMKM. Sama seperti acara hari pertama, talkshow juga digelar secara hybrid dan disiarkan secara live melalui kanal youtube @BDK Cimahi. Acara dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan berlangsung selama 1 jam. Suasana auditorium semakin meriah dengan dilaksanakannya lelang charity usai talkshow. Dengan melelang produk-produk UMKM, lelang sukses digelar dengan kenaikan harga hingga 236 persen dari nilai limit. Para pegawai di lingkungan GKN Bandung tumpah ruah turut meramaikan dan memborong produk-produk UMKM dalam bazar yang digelar usai lelang charity.

Hari ketiga atau hari terakhir kegiatan, Jumat, 21 Oktober 2022 diawali dengan senam bersama para pegawai Kemenkeu Jabar di lapangan GKN. Bazar UMKM masih berlanjut dengan hiburan live musik oleh “Brown Sugar Band”. Acara ditutup oleh Plt. Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Jabar, Indra Safri pada pukul 15.00 WIB dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Tampak sekali raut wajah para pelaku UMKM yang bersemangat dan senang dengan adanya kegiatan ini. Testimoni yang diberikan oleh para pelaku UMKM yang mengikuti bazar semuanya mengatakan senang dan berterimakasih telah diberikan kesempatan mengikuti kegiatan ini. Selain mendapatkan edukasi sehingga menambah ilmu dan wawasan, produk-produk yang dipasarkan di bazar pun laris manis, ludes terjual. Lebih senang lagi karena kini mereka mengetahui bahwa Kemenkeu melalui DJKN ternyata menyediakan lapak khusus bagi UMKM untuk  memasarkan produknya melalui platform www.lelang.go.id. Dengan dibantu pegawai KPKNL Bandung, di booth DJKN beberapa pelaku UMKM bahkan sudah membuat akun lelang dan siap melebarkan pangsa pasarnya melalui lelang. Para pelaku UMKM yang terlibat berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan lagi dan usahanya pun bisa makin berkembang dengan bantuan dan peran pemerintah terutama Kemenkeu Jawa Barat.


Kolaborasi KEMENKEU SATU JABAR Bersama UMKM Membangun Negeri.
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini