Bandung – Untuk memperkuat strategi komunikasi dan meningkatkan
peran media massa dalam penyebaran informasi yang berkaitan dengan tugas dan
fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada di wilayah Jawa
Barat Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat didampingi Kepala Kantor Pelayanan
Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung, Kepala Bidang KIHI dan tim humas
Kanwil dan KPKNL Bandung mengunjungi kantor media Sindo News di kawasan Jalan
Eyckan Bandung (Senin 3/5). Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Biro Sindo
News, Kurnia dan juga wartawan ekonomi Arif.
Visit media ini dilakukan karena media massa memiliki
posisi yang penting dalam kehidupan masyarakat, sehingga media massa
ditempatkan sebagai komunikasi massa yang berperan sebagai komunikator serta
agen of change, menjadi pelopor perubahan dalam lingkungan publik yang dapat
mempengaruhi khalayak melalui pesan berupa informasi, hiburan, pendidikan
maupun pesan-pesan lainnya dan dapat dijangkau masyarakat secara luas.
Di awal penjelasannya, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat,
Tavianto Noegroho menjelaskan tentang lelang mulai dari pengertian lelang,
fungsi lelang serta syarat-syarat jika ingin ikut lelang, yaitu dengan cara
memiliki akun lelang melalui situs lelang.go.id. Tavianto juga menjelaskan
tentang penipuan lelang yang sekarang ini banyak dilakukan melalui media social.
Kurnia dan Arif sangat antusias menyimak penjelasan tentang lelang ini dan
menanggapi bahwa pengetahuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.
Selain penjelasan tentang lelang, Tavianto juga menjelaskan
tentang pengelolaan kekayaan negara mulai dari barang milik negara (BMN),
barang dikuasai negara, dan kekayaan negara lain-lain.
Pihak Sindo News menyambut baik kunjungan Kanwil DJKN Jawa
Barat, dan bahkan ingin mengadakan semacam Focus Group Discussion atau bahkan
forum sosialisasi bagi wartawan ekonomi. Tavianto menangkap dengan tangan
terbuka jika ingin mengadakan forum semacam ini bisa juga mengajak perwakilan
Kementerian Keuangan yang ada di Jawa Barat.
Pertemuan berlangsung cukup interaktif selama 2 jam, dan
diakhiri dengan tour mengunjungi ruangan-ruangan studio TV I news dan juga
studi radio Trijaya FM, V Radio, RDI dan Global Radio.