Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Monitoring dan Evaluasi Strategi Komunikasi Crash Program Piutang Negara
Nenden Maya Rosmala Dewi
Rabu, 31 Maret 2021   |   154 kali

Crash program keringanan utang merupakan kebijakan yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15/PMK.06/2021 tentang Penyelesaian Piutang Instansi Pemerintah yang Diurus/Dikelola oleh Panitia Urusan Piutang Negara/Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Dalam upaya mendukun program tersebut tentunya diperlukan strategi komunikasi yang tepat agar para debitor sebagai target utama dalam kebijakan tersebut tertarik untuk memanfaatkannya. Beberapa strategi tentunya sudah disusun oleh seluruh kantor vertical DJKN termasuk Kanwil DJKN Jawa Barat.

Pelaksanaan strategi komunikasi yang dilaksanakan oleh KPKNL di wilayah Jawa Barat,tentunya harus dimonitor perkembangannya. Untuk kepentingan tersebut, Kanwil DJKN Jawa Barat melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kehumasan program “Keringanan Utang” (Rabu 30/3) yang dilakukan secara daring dan dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Kepala Bidang Piutang Negara, Kepala Bidang KIHI, para Kepala KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Noegroho menyampaikan bahwa keberhasilan program “Keringanan Utang” bergantung dari sinergi seluruh jajaran baik dari Kanwil maupun KPKNL, “kita harus menjaga momentum program ini dengan segala dinamikanya dan upaya pencapaiannya dilakukan dengan komunikasi yang efektif serta pendekatan yang sesuai dengan karakteristik BKPN’, ujarnya. Tavianto Noegroho juga menekannya pentingnya kesiapan sumber daya manusia serta mapping BKPN dalam kesuksesan program ini.

Dalam kesempatan berikutnya, Kepala Bidang KIHI, Iskandar menyampaikan bahwa Strakom yg ditentukan untuk kantor  vertikal ada 2 kegiatan yaitu kegiatan kehumasan dan kegiatan layanan informasi, krn dibatasi waktu maka diharapkan straakom perlu segera dilakukan agar bisa tersampaikan dalam momentum yang  tepat. Apresiasi  juga disampaikan kepada seluruh KPKNL atas  progress kehumasan dan juga upaya yg telah dilaksanakan via saluran komunikasi yang tersedia.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing KPKNL mengenai permasalahan dan perkembangan program. Dari tiap-tiap KPKNL telah melakukan upaya berupa publikasi baik menggunakan surat tertulis maupun media sosial masing-masing unit. Kunjungan ke lapangan juga dilaksanakan oleh KPKNL untuk memperoleh gambaran riil dan penyampaian informasi kepada debitur yang sulit dijangkau. Dalam diskusi selanjutnya, terdapat pertanyaan dari KPKNL terutama untuk pencatatan secara teknis, bagaimana perlakuan akuntansi di masing-masing satker dan perlunya edukasi/panduan kepada frontliner dan pegawai/pejabat yang menangani langsung (Humas-DJKN)

 

 

 

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini