Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
OPTIMALKAN SINERGI, KANWIL DJKN JABAR, SULUTENGGOMALUT DAN DAN BDK MANADO LAKSANAKAN OPEN CLASS SERVICE EXCELLENT
Nenden Maya Rosmala Dewi
Selasa, 30 Maret 2021   |   135 kali

Balai Diklat Keuangan Manado bekerja sama dengan Kanwil DJKN Jawa Barat dan Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara menyelenggarakan Seminar Digital Kemenkeu Corporate University Open Class Excellent Service. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan tentang pelayanan primaserta diharapkan memberikan nilai lebih dari aspek manusia, sarana prasarana, aspek informasi dan teknologi serta persepsi dari pemangku kepentingan ini menghadirkan narasumber Yohanes Supriyanto, Widyaiswara dari Balai Diklat Kepemimpinan Magelang.

Kepala Balai Diklat Keuangan Manado, Ridwan Husen membuka kegiatan dan mengapresiasi kerja sama yang terjalin dan berharap supaya tujuan kegiatan dapat tercapai. Selanjutnya, Kepala Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara, A. Y. Dhaniarto memberikan keynote speech. A. Y. Dhaniarto mengutip arahan Presiden Jokowi, “Negara disebutkan hadir jika mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang prima, yang cepat, yang professional dan berkeadilan.Mewujudkan pelayanan publik yang prima memerlukan ikhtiar yang berkelanjutan.”. Kegiatan ini diharapkan juga mewujudkan ikhtiar dimaksud, ucap Kepala Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara.

Duet moderator Seminar Digital Kemenkeu Corporate University Open Class Excellent Service Raden Ahmad Iman Abdurahman, pegawai KPKNL Bandung, dengan narasumber membuat kegiatan berlangsung interaktif dan mengalir. Yohanes Supriyanto menyampaikan perbedaan antara pekerjaan dan pelayanan.

Pekerjaan

Pelayanan

Jika kita kecewa karena tidak ada yang berterima kasih kepada kita, itulah pekerjaan.

Jika kita terus berkarya walau tidak dikenal siapapun, itulah pelayanan.

Jika kita berhenti karena ada yang mengkritik, itulah pekerjaan.

Jika kita terus bekerja meski terus berlapang dada, itulah pelayanan.

Jika kita sulit menikmati apa yang dikerjakan, itulah pekerjaan.

Jika kita terus melakukan pekerjaan dengan senyuman dan ketulusan, itulah pelayanan.

Jika kita melakukan untuk diri sendiri, itulah pekerjaan.

Jika kita melakukan untuk organisasi, itulah pelayanan.


Tanya jawab juga dilakukan antara peserta dan narasumber sesudah pemaparan materi dimaksud. Beragam pertanyaan dari peserta yang berasal dari lintas Kementerian/Lembaga juga muncul dalam kegiatan tersebut. Seminar ditutup dengan closing speech dari Tavianto Noegroho, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat. Dalam penutup tersebut, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat menyampaikan pentingnya respon pelanggan yang digunakan sebagai introspeksi peningkatan kualitas pelayanan ke depan. Dalam melakukan pelayanan prima (service excellent) penting untuk melakukan komunikasi yg efektif dan memperhatikan respon pengguna jasa sebagai feedback untuk meningkatkan kualitas layanan, sehingga layanan yg diberikan dapat memenuhi atau melebihi ekspektasi pengguna layanan (Humas DJKN Jabar)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini