Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KANWIL DJKN JABAR MENGAWALI AWAL TAHUN 2021 DENGAN INTERNALISASI ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM
Nenden Maya Rosmala Dewi
Selasa, 05 Januari 2021   |   161 kali

Bandung – Kanwil DJKN Jawa Barat mengawali awal tahun 2021 dengan menggelar Internalisasi pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM), yang dikemas dalam kegiatan Galang Semangat Pagi (GSP) pada Senin (04/01/2021). Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat menyatakan bahwa pimpinan dan seluruh jajaran Kanwill DJKN Jawa Barat telah sepakat untuk melaksanakan pembangunan ZI WBK/WBBM Kanwil tahun 2021. GSP  perdana di tahun 2021 ini diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom  dan diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat, baik ASN maupun PPNPN. Internalisasi ini merupakan langkah awal dalam mensosialisasikan pembangunan  ZI sehingga seluruh jajaran Kanwil DJKN Jawa Barat mendapatkan pemahaman yang sama. Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas Pelayanan Publik.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal,Tantri Dewayani selaku pembicara pada Internalisasi ini menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan pimpinan, Kanwil DJKN Jawa Barat akan mendeklarasikan Pencanangan Pembangunan ZI pada tahun ini, untuk itu perlu persiapan yang matang dan komitmen dari seluruh jajaran di Kanwil DJKN.  Tantri menyampaikan bahwa dalam proses ini langkah awal adalah membentuk tim kerja, pemenuhan pengarsipan dokumen dan pendekatan dengan stakeholder serta penciptaan inovasi. Tantri juga menyampaikan dalam prosesnya, pembangunan ZI difokuskan pada penerapan program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat konkrit, serta menentukan komponen-komponen yang harus dibangun, yaitu komponen pengungkit dan komponen hasil.

Kerangka penilaian yang diberikan oleh Tim Penilai mencakup komponen pengungkit yang terdiri dari manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan system manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan penguatan kualitas pelayanan public. Disamping itu juga aka nada penilaian terhadap komponen hasil yaitu terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN dan juga terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan public kepada masyarakat.

Dalam komponen peningkatan kualitas pelayanan public, diharapkan Kanwil DJKN Jabar dapat menyediakan fasilitas yang lebih baik untuk kepuasan public. Beberapa program yang sudah terlaksana seperti Pemanfaatan Sungai Citarik bisa diajukan sebagai inovasi dalam pelayanan public karena program ini bisa langsung bersentuhan dengan masyarakat. Dalam proses pembangunan ZI, publikasi yang termanage dengan baik  juga diperlukan untuk memastikan setiap aktivitas dan inovasi perubahan yang dilakukan diketahui oleh masyarakat untuk itu perlu difikirkan Strategi komunikasi dan Manajemen media social secara lebih tertata, terukur dan terencana. Selain itu yang tak kalah penting adalah melakukan monitoring dan evaluasi untuk memantau dan memastikan bahwa program yang sedang dijalankan tetap pada jalurnya. (Humas Kanwil DJKN Jabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini