Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jabar Bersinergi dengan Pemkot Bandung, Gelar Program Magang bagi Pegawai Pemkot di Masa Pandemi Covid-19
Nenden Maya Rosmala Dewi
Kamis, 19 November 2020   |   348 kali

Bandung - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat kolaborasi Pemkot Bandung dengan DJKN Jawa Barat, untuk bersinergi mengadakan program pembelajaran dan magang dalam rangka pengembangan kompetensi pengelolaan barang milik daerah (BMD). Kegiatan magang ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk mengembangkan kompetensi para pengelola barang milik daerah di lingkungan pemerintah kota Bandung dalam mengumpulkan bahan dan melaksanakan pengelolaan aset, menerapkan sistem pengelolaan barang persediaan dan pengamanannya, serta menyusun laporan barang milik daerah dengan baik dan benar.  

Program ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada Senin-Rabu(16-18/11/2020), dan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi materi dan sesi observasi. Sesi materi dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi video konferensi ZOOM selama dua hari. Adapun materi yang diberikan adalah penilaian BMD, Penatausahaan BMD, Penghapusan dan Lelang BMD serta Piutang Daerah, dan sesi terakhir adalah observasi lapangan ke KPKNL Bandung dengan narasumber dari staf Kanwil DJKN dan KPKNL Bandung.

Program ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman: Pengembangan Kompetensi antara Kanwil DJKN Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung pada bulan Februari 2020 yang lalu. Bentuk  Pengembangan Kompetensi yang telah disepakati adalah pemagangan, seminar, Workshop, patok banding (benchmark) dan bentuk lain yang nantinya akan disepakati bersama.

Kegiatan pengembangan kompetensi perdana ini diikuti oleh seluruh pejabat  Subbagian Umum sebagai pengelola barang di seluruh satuan kerja di Pemerintah Kota Bandung dan dibuka oleh Asisten Administrasi Umum dan Kepegawaian Pemerintah Kota Bandung, Dadang Gantina. Dadang membacakan sambutan tertulis dari Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Bandung, Ema Sumarna yang pada kesempatan itu berhalangan hadir. Ema  menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Kanwil DJKN Jawa Barat yang telah memberikan kesempatan magang bagi para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengelolaan barang milik daerah sehingga pengelolaan asset daerah kedepannya dapat lebih terencana, tercatat, professional, transparan, dan berintegritas. Selain itu, Ema berpesan kepada para peserta magang untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Noegroho,  juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bandung yang selama ini telah bersinergi dan selalu menggunakan layanan lelang DJKN via KPKNL Bandung. Tavianto mengajak Pemerintah Kota Bandung untuk selalu berkomunikasi ke Kanwil DJKN Jawa Barat apabila menemukan hal-hal yang perlu dikoordinasikan. Ia pun berharap sinergi antara Kanwil DJKN Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung kedepannya dapat lebih ditingkatkan lagi dan lebih spesifik serta bermanfaat bagi masyarakat di Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat pada umumnya.

Dengan adanya pelatihan magang ini diharapkan para peserta mampu memahami manajemen aset daerah yang meliputi pengertian, prinsip, regulasi dan penatausahaan barang milik daerah; Penentuan nilai wajar, objek dan metode penilaian; Penghapusan dan lelang barang milik daerah; dan Piutang Daerah, serta memberikan pemahaman bagi peserta akan arti pentingnya pelaporan barang milik daerah secara berkala sebagai bekal untuk memecahkan masalah di lapangan dalam pengelolaan barang milik daerah. Kedua belah pihak sepakat program ini akan berkelanjutan di masa yang akan datang demi kemaslahatan masyarakat kota Bandung.

 (Humas DJKN Jawa Barat)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini