Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PERCEPATAN PENYELESAIAN TARGET SERTIPIKASI TANAH BMN PADA SATUAN KERJA VERTIKAL PEMERINTAH DI JAWA BARAT
Nenden Maya Rosmala Dewi
Kamis, 27 Agustus 2020   |   118 kali

Bandung, 26 Agustus 2020- Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Tavianto Noegroho melaksanakan penyerahan sertipikat BMN secara simbolis kepada perwakilan Kantor Pertanahan dan juga wakil dari satuan kerja yang mendapatkan sertipikat, diantaranya adalah Kepala Kantor Pertanahan Kota Bandung, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV Provinsi Jawa Barat, dan Kepala Bidang Pengadaan Tanah Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat menyatakan bahwa acara penyerahan sertipikat pada tahun ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat masih terdapat kasus covid-19 maka demi kesehatan dan keselamatan bersama Kanwil DJKN Jawa Barat memutuskan untuk melaksanakan penyerahan sertipikat BMN secara simbolis dengan mengundang para pihak yang berada di Kota Bandung.

Program Sertipikasi BMN berupa tanah telah dimulai sejak tahun 2013. Hal ini sesuai amanat dalam PP Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan BMN/D dan  sejalan dengan terbitnya Peraturan Bersama Menteri Keuangan Nomor 186/PMK.06/2009 dan Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2009 tentang Pensertipikatan BMN berupa tanah. Amanat tersebut antara lain menegaskan bahwa seluruh BMN Berupa tanah, harus disertipikatkan atas nama Pemerintah Republik Indonesia c.q. Kementerian/Lembaga yang menguasainya.

Target sertipikasi tahun 2020 semula sebanyak 804 bidang tanah, namun karena pandemi covid -19, terdapat realokasi anggaran sertipikasi sehingga berakibat pada penyesuaian target menjadi 621 bidang tanah. Sertipikat dimaksud diberikan  kepada  26 satker yang tersebar di seluruh Provinsi Jawa Barat. Program sertipikasi BMN berupa tanah ini bisa terlaksana dengan peran dan dukungan penuh dari Kanwil Pertanahan Provinsi Jawa Barat. Apresiasi perlu disampaikan kepada Kantor Pertanahan dan pihak terkait, meskipun di masa pandemic tetap dapat menyelesaikan sertipikasi sebelum akhir tahun.

Dalam sambutan penutupnya Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat menyatakan bahwa target sertipikasi tahun depan akan semakin banyak dan penuh tantangan, namun tetap harus optimis menyelesaikan target yang telah ditetapkan, untuk itu diperlukan komunikasi dan koordinasi yang baik, agar setiap permasalahan yang muncul dalam proses sertipikasi tersebut dapat segera memperoleh solusi terbaik.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini