Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PENGEMBANGAN LELANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA TATANAN NORMAL BARU
Okto Vierten  Masrel
Jum'at, 17 Juli 2020   |   184 kali

Bandung - Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) menuntut berbagai pihak untuk melakukan berbagai terobosan dan inovasi guna beradaptasi dengan perubahan pada tatanan normal baru yang sedang berlangsung. Tuntutan mempertahankan kinerja di tengah kondisi saat ini tentunya menjadi tantangan baru, tidak terkecuali di sektor pemerintahan. Hal yang sama terjadi pada aktivitas lelang yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). “DJKN tidak mau berdiam diri, kita membuat berbagai terobosan di masa pandemi ini. Semoga berbagai inovasi dalam proses lelang dapat menjaga kinerja tahunan kita (DJKN-red) sampai akhir tahun, dan juga dalam rangka memajukan aktivitas lelang di Republik Indonesia” ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata dalam Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) Bidang Lelang Tahun 2020 pada Kamis, (9/7) melalui aplikasi Zoom Us.

 

Dalam Kegiatan Rakertas tersebut, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata yang diwakili oleh kepala Kanwil DJKN juga memberikan penghargaan kepada tiga orang pejabat Fungsional Pelelang/ Pejabat Lelang Kelas I yang berkinerja terbaik tahun 2019 yakni Eko Yuli Harimawan (KPKNL Denpasar), Dedy Christanto (KPKNL Jakarta V), dan Dimar Novensastomo (KPKNL Bekasi).

 

Rakertas yang mengambil tema “Menghadapi Era Tatanan Normal Baru: Peningkatan Kinerja Lelang Dan Wawasan Insan Lelang Indonesia Dalam Pengembangan Lelang Berbasis Teknologi Informasi” ini dihadiri oleh pejabat eselon II dan III DJKN, pelelang KPKNL di seluruh Indonesia. Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto dalam laporannya menyampaikan bahwa pada kesempatan rakertas kali ini, pihaknya akan mengadakan pembekalan kepada Insan Lelang Indonesia terkait kontrak elektronik dalam jual beli secara lelang. “Kami menganggap perlu untuk membekali diri dengan pemahaman terkait kontrak elektronik sebagai masukan untuk penyempurnaan regulasi serta upaya mitigasi risiko dalam proses lelang,” ujar Joko. 


Hadir sebagai narasumber pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Ahli Hukum Telekomunikasi Dr. Edmon Makarim yang memberikan pemaparannya terkait Kontrak Elektronik dalam Pelaksanaan Lelang secara Elektronik. Menurut Edmon, transaksi digital elektronik seperti yang saat ini sedang dilakukan DJKN dalam proses lelang merupakan keniscayaan di era Industry 4.0.


Di tempat lain, Yusuf Supriyadi, Kepala Seksi Bimbingan Lelang II Kanwil DJKN Jawa Barat yang juga mengikuti kegiatan tersebut secara daring menyampaikan harapannya agar melalui rakertas bidang lelang ini, semoga dapat disusun berbagai formula untuk menghasilkan layanan lelang yang semakin baik kedepannya yang mampu memitigasi risiko yang mungkin terdapat dalam pelayanan pelaksanaan lelang. Yusuf juga mengapresiasi dan bangga atas pencapaian yang diraih oleh Dimar Novensastomo yang merupakan Pejabat Lelang Kelas I KPKNL Bekasi yang merupakan KPKNL yang berada dibawah Kanwil DJKN Jawa Barat. Yusuf juga berharap agar Pejabat Lelang lainnya yang berada di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat untuk berlomba dalam menunjukan kinerja yang optimal dan selalu menjaga integritas serta mampu memberikan pelayanan yang baik. (Tim Humas Kanwil DJKN JaBar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini