Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Jalin Sinergi Melalui Rapat Koordinasi Virtual
Okto ViertenĀ  Masrel
Selasa, 16 Juni 2020   |   168 kali

Bandung - Kanwil DJKN Jawa barat menyelenggarakan rapat koordinasi dengan Satker BBWS Citarum secara daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Senin (15/06/2020). Koordinasi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi dan mempererat kerjasama antara Kanwil DJKN Jawa Barat dan BBWS mengingat adanya pergantian pejabat di lingkungan BBWS Citarum. Selain itu, rapat ini juga bertujuan untuk mempercepat program KOIN (Kompetisi Inovasi) yang diikuti oleh Kanwil DJKN Jawa Barat yang mengusung tema terkait penataan sungai Citarik dan sungai Citarik sendiri adalah aset milik BBWS. Hadir pada kesempatan itu Tavianto, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat yang di dampingi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Acep Hadinata, Kepala Bidang Penilaian Acep Irawan, Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi (KIHI) Iskandar, dan Kepala KPKNL Bandung, Sigit Prasetyo Nugroho. Sementara itu, dari BBWS sendiri diwakili oleh Kepala BBWS Citarum, Anang Muchlis, yang didampingi oleh Kepala Bagian TU I, Putu Eddy Purna Wijaya.

Dalam kesempatan tersebut, Tavianto mengajak satker BBWS Citarum untuk turut ikut serta dalam membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga aset negara. Salah satunya melalui pemanfaatan dan penataan sungai Citarik yang bisa dijadikan tempat ekowisata berbasis komunitas. Hal ini didasarkan oleh kondisi di lapangan yang menyebutkan bahwa bagi sebagian masyarakat, keberadaan aset negara yang menganggur di tempat mereka bermukim tidaklah begitu penting sehingga masyarakat cenderung tidak peduli dengan keberadaan aset tersebut. Bahkan banyak diantaranya yang tidak tahu bahwa mereka telah menggunakan aset tersebut tanpa ijin atau bahkan merusaknya. "Jika hal ini terus berlanjut, maka aset negara akan cepat rusak dan pada akhirnya dapat menimbulkan kerugian negara" tegas pria berkacamata ini.

Di kesempatan yang sama, Acep Hadinata selaku Kepala Bidang PKN yang mendampingi Tavianto menambahkan bahwa kegiatan penataan dan pemanfaatan sungai Citarik tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan peran pengelola barang dalam menjalankan tugas dan fungsi Pengelolaan kekayaan negara berbentuk lahan idle di sempadan sungai Citarik dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya memanfaatkan, memelihara dan mengamankan  aset negara. Selain itu, kegiatan tersebut dapat menjadi contoh sinergi antara pengguna dan pengelola barang, stakeholder  serta masyarakat dalam  mengelola asset terkait model pemanfaatan dan penataan untuk jenis aset negara yang terbuka dan berhubungan langsung dengan masyarakat. (Humas Kanwil DJKN Jabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini