Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
SILATURAHMI VIRTUAL : HALAL BI HALAL ZAMAN NOW
Nenden Maya Rosmala Dewi
Jum'at, 29 Mei 2020   |   152 kali

 Lebaran identik dengan silaturahmi baik antara keluarga ataupun dengan teman dan kerabat lainnya. Di masa pandemi covid-19 ini, moment sangat berharga tidak bisa dilaksanakan, sehingga pastinya timbul kerinduan untuk tetap melaksanakan pertemuan ini. Kebiasaan dari tahun ke tahun di DJKN setiap selesai Idul Fitri adalah dengan melaksanakan pertemuan utk saling memaafkan, berangkat dari kebiasaan ini, tanpa terhalang dengan himbauan pemerintah untuk fisikal distancing, ternyata pertemuan untuk silaturahmi tetap bisa dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom.


Event pertama adalah pada hari Selasa tanggal 26/5/2020, Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat mengikuti Zoom Meeting Halal Bi Halal Idul Fitri 1441 H yang diselenggarakan oleh Kantor Pusat DJKN yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara,Isa Rachmatarwata, beserta Para Eselon II di Lingkungan DJKN. Pada kesempatan tersebut, Kanwil DJKN Jawa Barat dijadwalkan satu sesi bersama-sama dengan Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DIY serta Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur.


Acara Halal Bi Halal tersebut memberikan kesempatan kepada Dirjen kekayaan Negara yang akrab dipanggil Pak Isa untuk menyapa dan menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri kepada seluruh jajarannya di unit vertikal DJKN. Acara ini memang bertujuan untuk menyapa seluruh pegawai, namun karena waktu yang terbatas, maka teknis pelaksanaannya, masing-masing kanwil hanya diberikan waktu lima menit untuk memberikan ucapan Idul Fitri dengan dipimpin oleh eselon II pada unit tersebut.


Di hari berikutnya (Rabu, 27/05/2020), Kanwil DJKN Jawa Barat melanjutkan kegiatan halal bi halal dengan mengundang seluruh KPKNL. Acara kedua ini agak berbeda dengan acara sebelumnya karena moderator memberikan kesempatan bagi pegawai KPKNL untuk berbagi cerita tentang pengalamannya berlebaran di rantau.


Banyak hikmah yang bisa dipetik pada kegiatan tersebut, salah satunya adalah betapa kebersamaan dengan keluarga merupakan hal yang sangat mahal untuk mereka yang pada saat ini bertugas jauh dari rumah, keharuan menyelimuti suasana saat itu. Tuti misalnya, seorang karyawati dari KPKNL Tasikmalaya, menceritakan dengan berurai air mata bahwa ia terpaksa bertahan di domisili kantornya selama 3 (tiga) bulan, menahan rindu kepada anak dan suami, tapi berkat kedekatan dan suasana kekeluargaan di KPKNL Tasikmalaya, kerinduan ini bisa sedikit terobati.


Dalam kesempatan ini Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat memberikan arahan, "saat ini merupakan saat pembelajaran atau zona pembelajaran, semua harus sabar dan kuat dalam suasana ini. Tetap jaga protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas dan juga dalam menghadapi new normal di Kemenkeu semua harus bisa mengupdate skill knowledge baik di saat kita WFH, WFO dan FWS, yakinkan bahwa everything its gonna be oke, karena perubahan akan terus terjadi maka semua harus kuat dan menyingkirkan rasa bosan selama masa memasuki new normal ini,kita semua yakin bahwa perubahan ini menuju ke arah yg lebih baik dan bermanfaat, pungkas pria berkacamata ini.


Dua kegiatan yang dilaksanakan di awal pekan setelah Idul Fitri ini, akan menjadi semacam recharge untuk seluruh sumber daya yang ada di DJKN , karena dukungan dari pimpinan merupakan sumber kekuatan bagi SDM DJKN yang tidak bisa berlebaran bersama keluarga (Humas Kanwil DJKN).





Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini