Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
LELANG SEBAGAI PENEGAKAN HUKUM DAN PERGERAKAN PERTUMBUHAN EKONOMI
Nenden Maya Rosmala Dewi
Rabu, 16 Oktober 2019   |   250 kali

Kanwil DJKN Jawa Barat bekerja sama dengan BDK Cimahi melaksanakan seminar lelang dengan tema Lelang Sebagai Instrumen Penegakan Hukum dan Pergerakan Pertumbuhan Ekonomi, dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang dari kalangan perbankan, jasa keuangan, balai lelang, dan pejabat lelang kelas 2.

Narasumber dalam seminar dimaksud adalah Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Noegroho dan dipandu oleh moderator Pelelang Madya KPKNL Bandung, Palomes Tampubolon. Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa saat ini peranan Lembaga Lelang dalam sistem perundang-undangan kita tampak masih dianggap penting dan relevan, hal ini terbukti dengan difungsikannya lelang untuk mendukung Law Enforcement dalam lingkup Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Pajak, Hukum Waris, Hukum Pengelolaan Kekayaan Negara dan beberapa peraturan yang didalamnya mengatur adanya lelang.

Dalam Lembaga Keuangan, penyaluran kredit memiliki peranan penting yaitu sebagai sumber pendapatan yang diperoleh dari margin atau bunga yang dibayar oleh debitur. Pemberian kredit juga pada awalnya bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional dengan mempermudah akses publik terhadap permodalan di samping melalui APBN. Namun, disisi lain kredit-kredit ini tidak lepas dari kredit bermasalah, yang dapat menimbulkan kerugian bagi pihak Lembaga Keuangan. Kredit bermasalah ini dapat menimbulkan semakin besarnya biaya pencadangan aktiva produktif yang harus disediakan oleh Lembaga Keuangan, dan mengurangi potensi laba yang akan diperoleh, lebih jauh akan mengurangi modal yang tersedia pada bank tersebut. DJKN bermitra dengan Lembaga Keuangan dalam hal membantu menurunkan Non Performing Loan (NPL) melalui lelang. Dalam era digitalisasi saat ini, DJKN selalu melakukan inovasi berkelanjutan terhadap lelang yang dapat dilaksanakan melalui penggunaan media internet (e-auction) yang dapat diakses melalui laman www.lelang.go.id baik diakses melalui Personal Computer, laptop maupun gawai. Hal ini sebagai bentuk continous improvement yang dilakukan pemerintah dengan mewujudkan pembaharuan lelang serta upaya pelaksanaan marketing atas jasa pelayanan lelang kepada para potential-service user. Beberapa keunggulan dari e-auction ini adalah modernisasi lelang yang memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat untuk mengikuti lelang dengan lebih menghemat waktu dan biaya, membentuk database pelaksanaan lelang, dan menjadikan lelang sarana jual beli yang utama di masyarakat serta transparan dan akuntabel sekaligus memberikan potensi optimalisasi hasil lelang yang akan meningkatkan penerimaan negara.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini