Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Barat Selenggarakan Sosialisasi dan Knowledge Sharing Terkait Permohonan Lelang Online
Okto Vierten  Masrel
Selasa, 10 September 2019   |   145 kali

Bandung – Bidang Lelang Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat menyelenggarakan Sosialisasi dan Knowledge Sharing terkait Permohonan Lelang Secara Online dengan menghadirkan narasumber dari KPKNL Bandung pada hari Senin (02/09/2019) di ruang rapat lt. II Kanwil DJKN Jawa Barat, Gedung Keuangan Negara Gd. N Jl. Asia Afrika No. 114 Bandung. Kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari kegiatan konferensi video sosialisasi terkait permohonan lelang secara online yang dilaksanakan oleh Direktorat Lelang dengan seluruh Kanwil DJKN beserta KPKNL-KPKNL yang berada di bawahnya, khususnya bidang lelang di Kanwil dan seksi lelang di KPKNL, pada beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Lelang, Herry Pramono, yang menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan sosialisasi dan knowledge sharing ini adalah untuk mengenalkan modul Permohonan Lelang Online yang merupakan bentuk implementasi TIK dalam penyediaan fasilitas layanan data dan informasi bagi seluruh stakeholder dan masyarakat pengguna jasa lelang. Modul ini terdapat pada Portal Lelang Indonesia yang terintegrasi dalam Sistem Manajemen dan Informasi Lelang Elektronik (SMILE).

Setelah sambutan dari Kepala Bidang Lelang, acara dilanjutkan dengan paparan dari narasumber, Palomes, yang juga merupakan pejabat fungsional Pelelang Madya pada KPKNL Bandung, memaparkan konsep dan panduan penggunaan modul bagi petugas dan juga bagi pemohon lelang. Portal Lelang Indonesia dengan Modul Permohonan Online dapat diakses menggunakan seluruh perangkat yang memiliki web browser dan internet melalui alamat lelang.go.id, serta dapat juga diakses melalui aplikasi yang terdapat pada playstore bernama Lelang Indonesia. Untuk mendapatkan tampilan yang maksimal agar dipastikan update web browser sudah terkini.

Bagi petugas KPKNL modul ini membantu dalam pengelolaan administrasi pralelang sampai dengan lelang tayang pada Portal Lelang Indonesia. Dengan modul ini permohonan lelang dapat dilakukan secara efektif dan efisien serta dapat memberi kepastian jadwal pelaksanaan lelang bagi permohonan yang dinyatakan memenuhi persyaratan.

“Modul ini digunakan untuk memfasilitasi pemohon lelang dalam mengajukan permohonan lelang secara digital. Pemohon lelang juga dapat memantau tahap penyelesaian permohonannya sebelum dokumen fisik dikirim ke KPKNL.”, tutur beliau.

“Secara garis besar, panduan penggunaan tersebut dibagi menjadi beberapa bagian penting sesuai dengan tahapan-tahapan pengelolaan permohonan lelang Online sampai dengan obyek lelang tayang pada Portal Lelang Indonesia”, jelas Palomes.

Aplikasi ini merupakan pengembangan dari Portal Lelang Indonesia. Portal Lelang Indonesia dengan domain lelang.go.id masuk dalam Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB pada tahun 2015. Aplikasi ini juga telah memiliki aplikasi mobile versi android dengan nama Lelang Indonesia yang dapat diunduh melalui playstore.

Kegiatan Sosialisasi dan Knowledge Sharing tersebut di akhiri dengan simulasi yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, di mana semua permasalahan dan kendala dari penggunaan modul permohonan lelang online tersebut di kupas tuntas sehingga menciptakan lelang yang mudah, efektif, efisien, dan kompetitif. (Foto/Naskah : Seksi Informasi Kanwil DJKN Jawa Barat)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini