Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Konsolidasi Persiapan KPKNL Di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat Menuju Zona Integritas WBK/WBBM
Tantri Dewayani
Rabu, 07 Maret 2018   |   110 kali

Bandung – Bertempat di KPKNL Purwakarta pada Selasa (06/03/2018), Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Nuning Sri Rejeki Wulandari, dengan didampingi Kepala Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi (KIHI) serta Kepala Bagian Umum, memimpin rapat konsolidasi persiapan KPKNL di lingkungan Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Rapat dihadiri tiga Kepala KPKNL yang terpilih mewakili Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat mengikuti penilaian menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani tahun 2018, yaitu KPKNL Bekasi, KPKNL Purwakarta, dan KPKNL Tasikmalaya, masing-masing didampingi seorang Kepala Seksi.

Dalam arahannya Nuning meminta seluruh KPKNL yang terpilih untuk all out mewujudkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan kerja masing-masing. “Kepala Kantor selaku pimpinan harus mampu memotivasi bawahan dan menggalang komitmen bersama untuk siap menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Buktikan bahwa kita memang layak untuk terpilih mewakili Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat”, demikian arahan Nuning.

Nuning juga meminta agar masing-masing KPKNL menginventarisir kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, menyiapkan  dan melengkapi data dan dokumen pendukung, menyiapkan sarana dan prasarana, mengoptimalkan fungsi Area Pelayanan Terpadu (APT), memperbaiki dan meningkatkan service level agreement (SLA) di seluruh lini mulai dari lini terdepan yaitu tenaga satuan pengaman (Satpam), dan menginformasikan dengan jelas semua jenis layanan yang diberikan, berikut komitmen integritas dalam bentuk banner atau running text display yang dapat terlihat/terbaca dengan mudah oleh seluruh pengguna layanan yang datang.

“Cantumkan biaya pelayanan dengan jelas berikut dasar hukumnya, agar dapat menghindari kesalahan penafsiran dari pengguna layanan”,  tegas Nuning.

Pada rapat konsolidasi ini, Kepala KPKNL Bekasi, Kepala KPKNL Purwakarta dan Kepala KPKNL Tasikmalaya satu per satu melaporkan progress persiapan yang telah dilaksanakan, dan saling berbagi kelebihan dan kekurangan yang ada agar dapat diadopsi dan dikembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing. “Dalam penilaian ini tidak ada pemenang. Diharapkan ketiga KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat yang telah ditunjuk Kantor Pusat DJKN siap menuju ZI WBK/WBBM pada tahun 2018 ini. Untuk itu semua upaya yang telah dilakukan dapat di-sharing untuk menjadi contoh (bench mark) bagi kantor-kantor yang belum melaksanakan upaya dimaksud. Semua KPKNL yang berdasarkan survei Persepsi Korupsi yang dilakukan surveyor memiliki nilai lebih dari 13,5 dengan skala 15 dan  TLHP lebih dari 3,5 skala 15, apabila Total nilainya di atas 75 mendapat predikat WBK dan apabila total nilainya di atas 85 mendapat predikat WBBM,” tutur Sigit Kepala Bidang KIHI selaku koordinator menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani se Kanwil DJKN Jawa Barat.

Rapat diakhiri dengan penguatan kembali komitmen kesiapan jajaran Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Diawali dengan yang biasa, selanjutnya terbiasa, dan akhirnya menjadi luar biasa. (naskah : tantri, foto : uni KPKNL Purwakarta, Bidang KIHI Kanwil DJKN Jawa Barat)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini