Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jabar Ikuti Video Conference Monev Pelaksanaan Revaluasi BMN 2017
Tantri Dewayani
Kamis, 09 November 2017   |   121 kali

Bandung - Pada hari Kamis (09/11/2017) para Pejabat pada Kanwil DJKN Jawa Barat mengikuti rapat monitoring capaian pelaksanaan revaluasi BMN melalui video conference dengan Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Direktur BMN, Direktur Penilaian.

Video conference yang diikuti 17 Kantor Wilayah DJKN seluruh Indonesia dalam rangka melihat progress report realisasi hasil revaluasi BMN Aset Tetap yang telah dimulai pada awal bulan September 2017. Hadir mengikuti kegiatan dari jajaran Kanwil DJKN Jawa Barat adalah  Kepala Bidang Lelang, Hery Pramono yang saat itu ditunjuk sebagai Plh. Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Kepala Bidang Penilaian, Indra Syafri, Kepala KPKNL Bandung Adriana Viveryanti, beserta para Kepala Seksi di lingkungan Kanwil Jabar dan perwakilan dari  Tim Penilai.

Direktur BMN Encep Sudarwan menyampaikan progress nasional proses revaluasi BMN 2017 berikut persentase capaian berdasarkan bobot per tahapan serta rencana BKO antar Kantor Wilayah (nasional). Encep menyampaikan bahwa untuk memudahkan koordinasi, BKO antar Kantor Wilayah dilaksanakan di bawah koordinasi Kantor Pusat.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata dalam arahannya melihat proses persiapan/ inisiasi revaluasi BMN mengalami kemajuan yang signifikan dibandingkan pada saat monitoring dan evaluasi  pada akhir September 2017 yang lalu. Namun demikian dalam tahap selanjutnya sampai dengan tahap Berita Acara Rekonsiliasi masih terlihat jalan di tempat. Para Kepala Kantor Wilayah diminta untuk menyampaikan kendala dan upaya yang telah dilakukan untuk dapat mempercepat proses dimaksud.

Secara umum setiap Kantor Wilayah menyampaikan hal yang identik mengenai lambatnya penyelesaian pada tahapan setelah tahap persiapan, yaitu bahwa tim penilai di tahap awal fokus pada penyelesaian kegiatan survei  lapangan, dan saat ini sudah sampai pada  proses pembuatan laporan. Para Kepala Kantor Wilayah optimis kegiatan revaluasi BMN tetap on the track, dan pada bulan Desember seluruh target akan terpenuhi sesuai dengan time line yang telah ditetapkan.

Direktur Penilaian, Meirijal Nur mengingatkan kembali akan kualitas dari laporan penilaian adalah merupakan hal yang mutlak. Dari 30.210 laporan yang telah di upload pada Sistem Informasi Penilaian (SIP), telah dievaluasi secara sampling terhadap 10.056 laporan. Hasil dari evaluasi menunjukkan jumlah laporan yang lengkap hanya 45 persen, sisanya sebanyak 55 persen tidak lengkap. Evaluasi dilakukan oleh Direktorat Penilaian terhadap laporan penilaian dari 63 KPKNL, dengan objek evaluasi meliputi  narasi, kelengkapan tanda tangan, dan kelengkapan lampiran.

Meirijal menegaskan laporan penilaian agar merujuk pada Keputusan Direktur Jenderal No. 246/KN/2017, dan Bidang Penilaian di Kantor Wilayah agar melakukan supervisi terhadap Tim Penilai dalam pembuatan laporan. Kendali mutu hasil penilaian harus diterapkan, yaitu : (1) melakukan verifikasi kewajaran nilai wajar bangunan per m2 dan nilai perolehan per m2, (2) implementasi routing slip dengan sebaik-baiknya, (3) Tim penilai DJKN meng-upload laporan penilaian pada Sistem Informasi Penilaian (SIP) secara lengkap dan benar, (4) perbaikan laporan penilaian yang dinyatakan tidak lengkap/tidak benar, dengan laporan penilaian yang lengkap/benar, (5) memonitor kualitas laporan penilaian yang akan/telah di-upload dalam SIP, (6) memonitor tindak lanjut hasil monitoring, (7) Kepala Bidang Penilaian meningkatkan peran monitoring dan supervisi, dan (8) mengutamakan penilaian yang menjadi tugas DJKN.

Untuk Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Direktur Jenderal meminta perhatian khusus kepada KPKNL Purwakarta dan KPKNL Cirebon, karena menurut data yang ada pada SIP belum terdapat Laporan Hasil Inventarisasi dan Penilaian (LHIP) yang selesai. Demikian pula terhadap KPKNL Bandung dan KPKNL Tasikmalaya yang posisi terbesar proses revaluasinya masih berada dalam tahap persiapan.

Isa menutup rapat monitoring capaian pelaksanaan revaluasi BMN dengan meminta seluruh jajaran DJKN tetap semangat dalam pelaksanaan tugas ini, dan menjaga kesehatan agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. (naskah : tantri, foto : dady, Seksi Informasi Bidang KIHI).

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini