Bandung (11/9/2017) –
Kepala Kantor Wilayah Direktorat
Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Barat, Nuning Sri Rejeki Wulandari, bertempat di Ruang Sidang Gedung Keuangan Negara Bandung berkenan
membuka sosialisasi penerapan aplikasi Sistem Monitoring Aktrivitas Rutin
(SMARt) dan Aplikasi Perjalanan Dinas (ALADIN) di lingkungan Kantor Wilayah
DJKN Jawa Barat.
Dalam
arahannya, Nuning mengingatkan kembali bahwa dinamika pekerjaan di DJKN terus
berkembang, dan setiap individu pegawai harus paham bahwa pekerjaan DJKN bukan hanya
pekerjaan teknis, namun dari segi administratif juga harus mendukung. Untuk
mendapatkan hasil yang terbaik dari pekerjaan teknis dan administratif, perlu
partisipasi aktif dan kepedulian dari seluruh pegawai, serta membutuhkan sarana
berupa sistem otomatisasi pekerjaan, sehingga kinerja yang dihasilkan menjadi
lebih prima.
Nuning
mengingatkan bahwa SMARt dan ALADIN yang merupakan salah satu upaya dari Kantor
Pusat DJKN dalam proses simplifikasi pekerjaan di DJKN. Dan hal ini tidak akan
dapat terimplementasi dengan baik bila tidak ada peran aktif dari para pegawai
di lingkungan DJKN. Bila tidak tercapai, tujuan perubahan proses bisnis dan
kegiatan rutin di lingkungan Unit Kerja DJKN yang masih manual menjadi digital, paperless dan otomatis juga tentunya akan sulit tercapai.
Kepala
Bagian Umum Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Dewi Rahayu, selaku penyelenggara
sosialisasi melaporkan bahwa penerapan SMARt dan ALADIN di Kantor Wilayah DJKN
Jawa Barat memang baru sebagian, karena terkendala keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) dan
sarana pendukung seperti mesin scanner.
Namun dengan niat tulus mendukung konsep perubahan proses bisnis dan kegiatan
rutin di lingkungan Unit Kerja DJKN yang masih manual menjadi digital, paperless dan otomatis, diharapkan jajaran Kantor Wilayah DJKN Jawa
Barat dapat bersinergi untuk bersama-sama menerapkan sistem ini.
Lebih
lanjut, Dewi menyampaikan bahwa Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat telah menerapkan
aplikasi SMARt, menu agendaris Kepala Kantor dan juga telah menerapkan ALADIN
untuk menu penerbitan Surat Tugas dan Surat Perjalanan Dinas (SPD), bahkan
Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat mendapat apresiasi dari Kantor Pusat DJKN terkait implementasi SMARt Persuratan kategori Agendaris dengan dinobatkan sebagai Kantor Wilayah Teraktif TA 2017 (Periode Januari s.d. Juli 2017).
Acara
sosialisasi dipandu oleh staf Bagian Umum yang merupakan user dari aplikasi SMARt dan ALADIN, yaitu Elita Nursetiari, Iffa
Salha Ratnaini dan Putra Dwi Jaksana Adni Gemilang. Secara umum dalam
sosialisasi ini dijelaskan tujuan dan kegunaan aplikasi dimaksud, dan
dilengkapi dengan praktek pengisian oleh masing-masing pegawai selaku user.
Antusiasme
dari para pejabat/pegawai Kantor Wilayah terhadap sosialisasi ini dapat
terlihat dari banyaknya interaksi tanya jawab dan sharing mengenai aplikasi. Bagian Umum juga membuka kesempatan bagi
para pegawai yang belum sepenuhnya memahami aplikasi SMARt dan ALADIN untuk
dapat berkonsultasi pada kesempatan lain. (naskah/ foto : tantri, Seksi Informasi Bidang KIHI Kanwil DJKN
Jabar).