Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Simplifikasi Pekerjaan dengan SMARt dan ALADIN Pada Kanwil DJKN Jawa Barat
Tantri Dewayani
Selasa, 12 September 2017   |   1014 kali

Bandung (11/9/2017) – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Barat, Nuning Sri Rejeki Wulandari, bertempat di Ruang Sidang Gedung Keuangan Negara Bandung berkenan membuka sosialisasi penerapan aplikasi Sistem Monitoring Aktrivitas Rutin (SMARt) dan Aplikasi Perjalanan Dinas (ALADIN) di lingkungan Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat.

Dalam arahannya, Nuning mengingatkan kembali bahwa dinamika pekerjaan di DJKN terus berkembang, dan setiap individu pegawai harus paham bahwa pekerjaan DJKN bukan hanya pekerjaan teknis, namun dari segi administratif juga harus mendukung. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari pekerjaan teknis dan administratif, perlu partisipasi aktif dan kepedulian dari seluruh pegawai, serta membutuhkan sarana berupa sistem otomatisasi pekerjaan, sehingga kinerja yang dihasilkan menjadi lebih prima.

Nuning mengingatkan bahwa SMARt dan ALADIN yang merupakan salah satu upaya dari Kantor Pusat DJKN dalam proses simplifikasi pekerjaan di DJKN. Dan hal ini tidak akan dapat terimplementasi dengan baik bila tidak ada peran aktif dari para pegawai di lingkungan DJKN. Bila tidak tercapai, tujuan perubahan proses bisnis dan kegiatan rutin di lingkungan Unit Kerja DJKN yang masih manual menjadi digital, paperless  dan otomatis juga tentunya akan sulit tercapai.

Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Dewi Rahayu, selaku penyelenggara sosialisasi melaporkan bahwa penerapan SMARt dan ALADIN di Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat memang baru sebagian, karena terkendala keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana pendukung seperti mesin scanner. Namun dengan niat tulus mendukung konsep perubahan proses bisnis dan kegiatan rutin di lingkungan Unit Kerja DJKN yang masih manual menjadi digital, paperless dan otomatis, diharapkan jajaran Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat dapat bersinergi untuk bersama-sama menerapkan sistem ini.

Lebih lanjut, Dewi menyampaikan bahwa Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat telah menerapkan aplikasi SMARt, menu agendaris Kepala Kantor dan juga telah menerapkan ALADIN untuk menu penerbitan Surat Tugas dan Surat Perjalanan Dinas (SPD), bahkan Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat mendapat apresiasi dari Kantor Pusat DJKN terkait implementasi SMARt Persuratan kategori Agendaris dengan dinobatkan sebagai  Kantor Wilayah Teraktif TA 2017 (Periode Januari s.d. Juli 2017).

Acara sosialisasi dipandu oleh staf Bagian Umum yang merupakan user dari aplikasi SMARt dan ALADIN, yaitu Elita Nursetiari, Iffa Salha Ratnaini dan Putra Dwi Jaksana Adni Gemilang. Secara umum dalam sosialisasi ini dijelaskan tujuan dan kegunaan aplikasi dimaksud, dan dilengkapi dengan praktek pengisian oleh masing-masing pegawai selaku user.

Antusiasme dari para pejabat/pegawai Kantor Wilayah terhadap sosialisasi ini dapat terlihat dari banyaknya interaksi tanya jawab dan sharing mengenai aplikasi. Bagian Umum juga membuka kesempatan bagi para pegawai yang belum sepenuhnya memahami aplikasi SMARt dan ALADIN untuk dapat berkonsultasi pada kesempatan lain.  (naskah/ foto : tantri,  Seksi Informasi Bidang KIHI Kanwil DJKN Jabar).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini