Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten > Kilas Peristiwa
TRADISI KHATAMAN AL QUR’AN LEWAT VIRTUAL MEETING
Budi Sulistyawan
Selasa, 05 Mei 2020   |   1107 kali

Pemerintah mengimbau agar dapat meminimalisasi penyebaran virus corona (Covid-19), masyarakat diminta untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, salah satunya menciptakan sistem bekerja dari rumah. Imbauan ini, khususnya untuk Aparatur Sipil Negara, telah ditindaklanjuti oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Surat Edaran nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Penerapan physical distancing dan bekerja dari rumah (WFH) guna mencegah penularan virus corona (COVID-19) membuat aktivitas kegiatan keagamaan di Kanwil DJKN Banten terbatas.

Jika biasanya aktivitas bimbingan mental (BINTAL ) Kanwil DJKN Banten berjalan secara kolektif tatap muka, dengan datangnya musibah Covid-19 mengubah dinamika kegiatan keagamaan menjadi kegiatan keagamaan virtual. Tak hanya pengajian online, Bintal Kanwil DJKN Banten rutin  melaksanakan kegiatan khataman virtual.

"Melihat situasi yang tidak memungkinkan untuk berkumpul saat ini, Bintal mempunyai rencana kerja ditahun ini salah satunya yaitu Khataman Al-Qur'an, lalu pengurus merumuskan teknisnya. Jadilah khataman Al-Quran via virtual online ini dan senin 4 Mei ini khataman Qur’an yang kedua di Bulan Ramadahan," tutur Ketua Bintal Kanwil DJKN Banten, Syukri Asyhady.

Kegiatan ini menuntaskan pembacaan Al-Qur’an lewat online/aplikasi virtual meeting. Praktiknya yaitu membagi 29 juz ayat Al-Qur’an kepada pegawai dalam group tersebut, lalu masing-masing menyelesaikan bacaan juz yang telah dipilihnya.

Semua pegawai yang tergabung saling memberikan semangat untuk segera menyelesaikan bacaan satu juz nya. Para pegawai yang sudah selesai lalu memberikan tanda centang biru pada daftar nama di WAG, dan pembacaan surat Juz 30 dilakukan bergantian melalui aplikasi virtual meeting dan ditutup dengan pembacaan doa khotmil Quran oleh Miftahul Huda.

"Kegiatan ini menjadi positif bagi pegawai Kanwil DJKN Banten karena visi dan misi kegiatan bintal ini tak lain membumikan Al Quran di Kanwil DJKN Banten lewat berbagai program. Mulai dari Kegiatan Terjemah Alqur’an, Tahsin Alqur’an, Rabana Sholawat Quran, Khataman Qur’an dan Jumat Berkah” kata Kakanwil DJKN Banten, Nuning SR Wulandari.

Kedekatan dengan Allah Yang Maha Kuasa harus selalu dijaga. Selain ikhtiar kita sebagai manusia melalui berbagai upaya pencegahan dan penanganan, pertama tentu kita bertawakkal kepada Allah atas terjadinya wabah ini. Insya Allah kita akan dikeluarkan dari wabah ini dengan selamat dan memperoleh kemenangan di bulan Ramadhan.

 

 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini