Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
MENJADI PRIBADI YANG SEHAT PIKIRAN, JIWA, DAN RAGA UNTUK MEMBANGUN BUDAYA KEMENKEU
Shabira Afina
Senin, 17 Oktober 2022   |   174 kali


Serang- Kantor Wilayah DJKN Banten menyelenggarakan webinar bertajuk Internalisasi Nilai-nilai Kementerian Keuangan pada hari Kamis, 13 Oktober 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kantor Wilayah DJKN Banten. Webinar tersebut mengundang Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Keuangan, Rukijo, dan Kepala Bagian Kepatuhan Internal DJKN, Navis Zikra, sebagai pembicara. 


Dalam pembukaan webinar, Nuning S.R. Wulandari, Kepala Kanwil DJKN Banten menyampaikan bahwa diadakannya webinar tersebut bertujuan untuk me-refresh kembali nilai-nilai Kementerian Keuangan terutama dengan adanya perubahan yang cepat dan signifikan sehingga memerlukan penyesuaian kembali dalam pengimplementasian nilai-nilai tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari. 


Kegiatan yang diinisasi oleh Duta Transformasi di lingkungan Kanwil DJKN Banten tersebut turut juga mengundang Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Dedi Syarif Usman, sebagai Keynote Speaker. Dalam paparannya, Dedi menyampaikan bahwa perubahan pola kerja secara signifikan terjadi selama pandemi Covid-19, untuk menekan laju penularan virus, seluruh perkantoran menerapkan kebijakan working from home. Kebijakan ini menuntut seluruh pegawai untuk dapat bersikap dewasa dalam menjalankan pekerjaan di rumah atau tempat lain selain rumah. Sikap dewasa ini tentunya melibatkan implementasi nilai-nilai Kementerian Keuangan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam bekerja setiap hari.” 


Selanjutnya, Kepala Biro SDM Kementerian Keuangan, Rukijo, menyampaikan paparan terkait Penguatan Nilai Kementerian Keuangan. Rukijo menuturkan bahwa “70 persen pegawai Kementerian Keuangan terdiri dari Gen Y dan Gen Z, hal ini membuat perlunya dilakukan transformasi di dalam Kementerian Keuangan yang dapat mengoptimalisasi produktivitas yang diiringi dengan penguatan nilai-nilai Kemenkeu.” 


Selain mengimplementasikan nilai-nilai Kemenkeu, pria kelahiran kota Metro ini juga mengingatkan kepada seluruh ASN Kemenkeu untuk mengimplementasikan core value ASN yaitu BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang telah dihimbau melalu surat edaran Kementerian Keuangan. Menurutnya dengan meyakini ide/gagasan yang ada dalam nilai-nilai Kemenkeu dan core value ASN maka akan terbentuk sebuah budaya berdasarkan nilai-nilai tersebut. 


Pada kesempatan berikutnya, narasumber kedua, Kepala Bagian Kepatuhan Internal, Navis Zikra menyampaikan bahwa untuk menghasilkan kinerja yang bernilai maka diperlukan pribadi yang bernilai.Untuk menjadi pribadi yang bernilai maka kita harus menjadi pribadi sehat jiwa, pikiran, dan raga.” 


Menurut Navis untuk menjadi pribadi yang sehat dapat dimulai dari hal terkecil seperti perbanyak jalan, batasi screen time media sosial, dan perbanyak membaca kitab suci serta buku. “Kebiasaan itu dimulai dari hal kecil yang dilakukan setiap waktu secara terus menerus.” 

Setelah sesi pemaparan, peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. 

 

Catatan : 

Tayangan webinar Internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan masih dapat disaksikan pada kanal Youtube Kanwil DJKN Banten. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini