Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kemenkeu Satu Banten Adakan FGD Tematik II Untuk Dorong UMKM Naik Kelas
Shabira Afina
Jum'at, 26 Agustus 2022   |   137 kali

Serang (26/08/2022)- Kantor Wilayah DJKN Banten berkesempatan menjadi tempat digelarnya Forum Group Discussion (FGD) Tematik 2 Dukungan Terhadap UMKM, kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Banten. Sebanyak 30 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah menghadiri kegiatan diskusi tersebut.

Kegiatan diskusi yang berlangsung secara luring dan daring tersebut menghadirkan Plh. Kepala BPOM Kota Serang dan Pimpinan Sentra Bisnis SME PT. BNI Tbk.. Dengan mengusung tagline “UMKM Naik Kelas, Ekonomi Tancap Gas”, kegiatan tersebut diselenggarakan bertujuan untuk membantu para pelaku usaha yang menemui hambatan dalam menjalankan usahanya terutama terkait dengan izin edar makanan dan bantuan pembiayaan. Seperti yang diketahui, izin edar makanan merupakan hasil penilaian pangan olahan yang diterbitkan oleh kepala badan dalam rangka peredaran pangan olahan. Dengan adanya izin edar makanan, para pelaku usaha makanan dapat mengedarkan makanannya secara luas bahkan menargetkan pasar internasional.

Selain itu, semenjak pandemi Covid-19 melanda Pemerintah telah memprioritaskan berbagai program untuk mendorong pelaku UMKM untuk dapat bertahan, termasuk pembiayaan dengan suku bunga rendah yang disalurkan melalui perbankan plat merah. Bukan hanya pembiayaan dengan suku bunga rendah, Pemerintah juga menghimbau kepada perusahaan BUMN dan Lembaga lainnya untuk dapat melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM.

Kegiatan FGD Tematik 2 tersebut dibuka dengan sambutan oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Banten sekaligus Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Banten, Nuning S.R. Wulandari. Pada sambutannya, Nuning mendorong seluruh pelaku UMKM untuk berperan aktif selama kegiatan diskusi berlangsung. Beliau juga berharap seluruh pelaku UMKM yang hadir dapat menyampaikan pertanyaan, rintangan, dan hal-hal yang perlu ditingkatkan kembali oleh berbagai pihak yang terlibat dalam pengembangan ekosistem UMKM di Provinsi Banten yang telah hadir pada siang hari tersebut.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan tata cara mengajukan izin edar makanan dan usaha lainnya kepada BPOM. Pemaparan tersebut dilakukan oleh Faizal Mustofa Kamil, selaku Plh. Kepala BPOM Kota Serang. Pada kesempatan tersebut, sejumlah pelaku usaha turut menanyakan beberapa pertanyaan terkait pengurusan izin edar makanan dimana pembangunan dapur usahanya juga harus sesuai dengan standardisasi yang ditetapkan BPOM. Setelah itu, pemaparan dilanjutkan oleh Ichlas Rusnanto, selaku Pimpinan SME PT. BNI Tbk. beliau menjelaskan tentang tatacara mendapatkan bantuan pembiayaan serta menjawab pertanyaan dari para pelaku UMKM.

Pada akhir acara, panitia turut mengumumkan Tim Pendukung UMKM di wilayah Provinsi Banten yang terdiri dari perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Banten. Pembentukan tim tersebut merupakan salah satu wujud komitmen Kementerian Keuangan dalam memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM.

FGD Tematik 2 Dukungan Terhadap UMKM merupakan salah satu rangkaian acara yang diinisiasi oleh Tim Pendukung UMKM tersebut. Diharapkan dengan adanya tim tersebut, UMKM di wilayah Provinsi Banten dapat naik kelas sehingga dapat mendorong perekonomian Provinsi Banten.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini