Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Temui Perwakilan Bank Indonesia Banten; Perwakilan Kemenkeu Banten Bersinergi Selamatkan UMKM
Shabira Afina
Selasa, 22 Maret 2022   |   169 kali

Jumat (18/03/2022) Kanwil DJKN Banten- Kepala Kanwil DJKN Banten yang tergabung dalam rombongan Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten. Rombongan disambut oleh Imaduddin Sahabat pada ruang ramah tamah Gedung Bank Indonesia Provinsi Banten. Kedatangan perwakilan Kemenkeu Banten ke Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten tersebut sejalan dengan misi kedua belah pihak di bidang perekonomian.

            Agenda utama kunjungan kerja jajaran Pejabat Tinggi Pratama Kemenkeu Banten tersebut adalah membahas kerja sama di bidang ekonomi di wilayah Provinsi Banten. Upaya tersebut merupakan salah satu strategi pewakilan Kemenkeu Banten untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi di wilayah Provinsi Banten. Seperti yang diketahui, salah satu sektor yang paling terdampak dan memiliki peranan yang cukup besar pada neraca perdagangan Republik Indonesia adalah sektor UMKM. Sehingga Kementerian Keuangan berusaha memajukan sektor tersebut melalui kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan tugas dan fungsi unit eselon I di bawahnya.

            Berdasarkan data satuan tugas PEN, Pemerintah telah mengalokasikan APBN sebesar Rp455,62 triliun untuk Program Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) pada tahun 2022 ini. Dengan porsi kredit UMKM ditingkatkan pada tahun 2022 sebesar 20 persen. Hingga 7 Februari 2022, telah terealisasi sebesar Rp25,94 triliun kepada 650 ribu debitur atau 6,95 persen dari target penyaluran sebesar Rp373,17 triliun.

            Selain memberikan bantuan berupa dana, Kementerian Keuangan juga memberikan genjotan kebijakan yang memudahkan sektor UMKM baik di sisi ekspor-impor, perpajakan, dan proses jual belinya. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sebagai salah satu unit vertikal Kementerian Keuangan memberikan bantuan kepada UMKM pada tahun 2022 melalui program Gebyar Lelang Produk UMKM. Hal tersebut turut diamplifikasikan oleh Kanwil DJKN Banten, sebagai salah satu unit vertikal DJKN di Provinsi Banten, kepada Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten.

            Pada pertemuan tersebut, Perwakilan Kemenkeu Banten berharap bahwa seluruh pihak yang hadir dapat bersinergi dalam pertukaran data dan informasi terkait UMKM di wilayah Provinsi Banten. Diketahui bahwa Bank Indonesia juga diberikan amanah untuk membimbing mitra UMKM di wilayah masing-masing perwakilan guna meningkatkan prodiktivitas masing-masing UMKM.

            “Dengan adanya sinergi antar instansi, kita berharap manfaat yang didapat sektor UMKM lebih teroptimalkan,” ujar Nuning S.R. Wulandari, Kepala Kanwil DJKN Banten dan Kepala Perwakilan Kemenkeu Banten, pada saat menutup kegiatan kunjungan kerja pada Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten.

            Selanjutnya kegiatan tersebut diakhir dengan penyerahan plakat sebagai bentuk simbolis sinergi yang telah dibangun antara Perwakilan Kemenkeu Banten dengan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten.

(Shabiraaf)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini