Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten Ajak Perempuan Melawan Korupsi Melalui Webinar Peringatan Hari Kartini
Shabira Afina
Kamis, 06 Mei 2021   |   169 kali

Serang-Cimahi (29/04/21)- Kantor Wilayah DJKN Banten bekerja sama dengan Balai Diklat Keuangan (BDK) CImahi mengadakan kegiatan seminar digital dalam rangka peringatan Hari Kartini dengan tema Peran Srikandi Kementerian Keuangan Melawan Korupsi. Kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dan channel Youtube BDK Cimahi.

            Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam tersebut dibuka oleh Nuning S.R Wulandari selaku Kepala Kanwil DJKN Banten, dengan pembicara utama Sumiyati, Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, dan diisi dengan 2 orang narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Syukriyah H.G., Kepala Kanwil DJKN Aceh, serta Yuyuk Andriati, Plt. Kepala Biro Humas KPK RI.

            Ibu Kartini merupakan salah seorang tokoh perempuan yang berhasil mendobrak batas sosial seorang perempuan pada abad ke-19 saat itu. Bukti keberhasilan perjuangan beliau adalah seluruh perempuan Indonesia dapat menikmati hak untuk belajar, bekerja, dan berpartisipasi aktif untuk membangun negeri. Tidaklah berlebihan kiranya jika perempuan sekarang ini sudah banyak yang tampil ke publik sebagai sosok yang penting dan terlibat aktif dalam melakukan perubahan di Republik Indonesia sejajar dengan kaum laki-laki, ujar Kepala Kanwil DJKN Banten.

            “Kami percaya bahwa insan-insan Kementerian Keuangan, khususnya perempuan, telah menerapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan, terutama integritas layaknya bernapas dan berjalan. Sebagaimana halnya Kanwil DJKN Banten, sebagai salah satu unit di bawah Kementerian Keuangan, menunjukan komitmen kuat dalam membangun budaya integritas agar karakter tiap individu sudah sesuai dengan karakter Kanwil DJKN Banten yang CERDAS- Cermat, Efektif, Responsif, Dedikatif, Akuntabel, Solid,” ujar Kepala Kanwil DJKN Banten pada saat membuka acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga, Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan memaparkan integritas yang telah dicapai DJKN dan berpesan bahwa pencegahan korupsi membutuhkan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan, tak terkecuali punggawa perempuan kemenkeu cq. DJKN yg harus berani mengambil peran aktif dan taktis sebagai pendobrak perubahan budaya dan nilai integritas.

Selanjutnya, Yuyuk Andriati memaparkan materi terkait peran perempuan dalam melawan korupsi selama ini dan Syukriah H.G. memaparkan materi terkait pembangunan zona integritas yang berhasil beliau terapkan di Kanwil DJKN Aceh.

Pada pemaparannya, Syukriah H.G. menyampaikan bahwa karakteristik integritas dan identitas diri terdiri dari 10 langkah seperti berikut.



Sedangkan, Yuyuk Andriati menyampaikan bahwa, “Partisipasi aktif perempuan dalam menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari korupsi mungkin akan sama beratnya dengan perjuangan Gretta, Malala, dan Kyal Sin. Namun niat baik, konsistensi, kompetensi yang disertai komitmen yang kuat akan membawa kita semua kepada hasil yang berkualitas.”  



Perjuangan perempuan bukanlah perjuangan melawan laki-laki namun perjuangan untuk melawan padangan kuno dan adat yang sudah usang serta saling memberikan dorongan positif antar perempuan agar bisa sama-sama maju. (KJY)

 

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini