Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PERWAKILAN KEMENTERIAN KEUANGAN PROPINSI BANTEN BERTEMU PERWAKILAN KOMISI XI DPR RI DALAM KUNJUNGAN KERJA SPESIFIK
Shabira Afina
Selasa, 09 Februari 2021   |   174 kali

Tangerang, (05/02/2021)-Perwakilan Komisi XI DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Propinsi Banten. Kunjungan ini dipimpin oleh Dr. Achmad Hatari, S.E., M.Si., dan diikuti oleh beberapa Anggota Komisi XI DPR RI dari berbagai Fraksi. Dalam kunjungan tersebut, sejumlah Perwakilan Eselon I Kementerian Keuangan Sepropinsi Banten hadir untuk melakukan pemaparan terkait capaian kinerja pada tahun anggaran 2020.

Kunker ke Propinsi Banten dilaksanakan dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan Komisi XI DPR RI terkait keuangan negara.

Dalam kunker tersebut Wakil Ketua Komisi XI DPR RI memberi apresiasi kepada perwakilan Kementerian Keuangan Propinsi Banten atas capaian kinerja pada tahun anggaran 2020 walaupun terdampak covid-19.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan beberapa fraksi mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait capaian dan isu-isu terkini kepada masing-masing eselon I Kementerian Keuangan di Propinsi Banten.

Marinius Geas, perwakilan Fraksi PDIP, menyatakan turut memberi apresiasi kepada Kementerian Keuangan khususnya Perwakilan Propinsi Banten, namun beliau juga mempertanyakan penentuan dasar target tahun 2021 yang lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya sedangkan Propinsi Banten merupakan daerah industri yang memiliki potensi ekonomi yang bagus.

Dalam kesempatan yang sama tersebut, Melchias Markus Mekeng dari Fraksi Golkar mengajukan kritikan terkait kegiatan lelang di Indonesia. Menurut beliau aktivitas lelang di media sosial terutama mobil antik dicurigai menjadi suatu modus operandi penyelundupan barang impor baru. Jika hal tersebut terbukti benar maka terdapat potensi pajak dan bea impor yang tidak dioptimalkan.

Perwakilan Fraksi Demokrat, Dedi Hamdi Syamsudin, juga mengajukan pertanyaan terkait seberapa besar potensi kerugian atas aset-aset pariwisata yang terdampak tsunami di daerah Pandeglang beberapa waktu silam dan bagaimana cara membangkitkan potensi keuntungan atas aset tersebut.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 150 menit tersebut, seluruh pertanyaan dari pewakilan Komisi XI DPR RI akan dijawab secara tertulis oleh seluruh perwakilan Kementerian Keuangan Propinsi Banten. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini