Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Refleksi Kehumasan Kanwil DJKN Banten Tahun 2020
Budi Sulistyawan
Rabu, 30 Desember 2020   |   212 kali

Kanwil DJKN Banten mengadakan kegiatan Refleksi Kehumasan Tahun 2020dengan tujuan adalah memberikan apresiasi kepada kontributor kehumasan se-Kanwil DJKN Banten dalam rangka meningkatkan publikasi dan layanan informasi terkait tugas danfungsi DJKN melalui kanal website dan Medsos pada tahun 2020 (30/12).

Penghargaan ini bisa menjadi faktor pemicu untuk terus berkarya memberikan yang terbaik bagi kontributor kehumasan se-Kanwil DJKN Banten. Kontribusihumas kantor vertikal dengan untuk mengisi konten dalam saluran-saluran kehumasan baik melalui media sosial, website, maupun media cetak dapat menampilkan wajah DJKN secara utuh sehingga dapat dikatakan bahwa wajah DJKN tidak dapat ditampilkan tanpa kontribusi konten.

Bagi pelaksanaan program pemerintah, kehumasan menjadi penting karenatidak mungkin di era demokrasi, program pemerintah bisa sukses tanpa dukunganmasyarakat. Di era demokrasi, masyarakat bertindak tanpa harus menunggu sebuahpersepsi itu fakta atau bukan. Jika fakta bagus, persepsi tidak bagus akan menimbulkanmasalah di pemerintahan, sehingga disini peran Humas mengkomunikasikan kepadamasyarakat menjadi sangat penting karena persepsi yang dibangun Humas Pemerintahan akan berdampak kepada masyarakat, Humas itu adalah wajah, wajahitu bukan semata mata masalah konten dan isi, masalah membangun trust merupakan refleksi bagaimana pemerintah bekerja.

Dalam tahun 2020 ini, jumlah berita yang telah diunggah oleh Humas se-Kanwil DJKN Banten (KPKNL dan Kanwil ) pada website DJKN sebanyak 98 beritadengan rincian : KPKNL Serang sebanyak 13 berita, KPKNL Tangerang I sebanyak 24 berita KPKNL Tangerang II 22 berita dan Kanwil sebanyak 39 berita. Untuk artikel yang telah diunggah pada website DJKN sebanyak 14 Artikel dengan rincian KPKNL Serang sebanyak 1 Artikel, KPKNL Tangerang I sebanyak 4 artikelKPKNL Tangerang II sebanyak 1 Artikel dan Kanwil sebanyak 8 artikel.

Sedangkan pada medsos jumlah konten telah diunggah oleh KPKNL Serang sebanyak180 konten, KPKNL Tangerang I sebanyak 207 konten, KPKNL Tangerang II sebanyak 234 konten dan Kanwil DJKN Banten sebanyak 348 konten.

Dari data tersebut diatas, Kanwil DJKN Banten telah memverifikasi berita,artikel dan Konten mana yang akan mendapatkan apresiasi.

Kegiatan ini dibuka dengan laporan Ketua Panitia yaitu Kepala Bidang KIHI, Ali Machmud dan dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Banten, Nuning SR Wulandari dan beberapa pegawai yang telah dibatasi jumlahnya serta diikuti pegawai melalui daring.

Dalam kegiatannya ini tetap mengutamakan protokol kesehatan sebagai contohnya1(satu) jam acara dimulai dilakukan Rapid Test Antigen terhadap pegawai KanwilDJKN Banten.

Dalam acara Apresiasi Karya Kehumasan Kanwil DJKN Banten Tahun 2020 ini, KanwilDJKN Banten memberikan apresiasi yang terbagi dengan beberapa kategori yaitu :

1.  Konten Medsos Terbaik yang dimenangkan oleh Tim Humas KPKNL Tangerang II

2.  Berita Terbaik dimenangkan oleh Budi Sulistyawan dari Kanwil DJKN Banten

3.  Artikel Terbaik dimenangkan oleh Danu Umbara dari Kanwil DJKN Banten

4.  Gerai Layanan Virtual (GLV) terbaik  dimenangkan oleh KPKNL Tangerang I

Kepala Kanwil DJKN Banten, Nuning SR Wulandari menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada insan kehumasan se-Kanwil DJKN Banten yang telah melakukan pengelolaan kegiatan yang mampu mendokumentasikan Informasi dengan baik untukmendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil DJKN Banten.

“Tantangan bagian kehumasan di masa datang dalam menopang kinerja KanwilDJKN Banten bagaimana mewujudkan kinerja maksimal di tengah pesatnya informasidan komunikasi serta kondisi baru pandemik virus corona (Covid-19) menuju era new normal yang mengedepankan interaksi secara online dan real time” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini, Kanwil DJKN Banten juga menyampaikan apresiasi terhadappreastasi yang diperoleh pegawai Kanwil DJKN Banten antara lain Tim KOIN(Kompetisi Inovasi Aset Manager) Kanwil DJKN Banten yang telah membawa hasil yang terbaik yaitu TIM II KOIN Kanwil DJKN Banten sebagai Runner Up dan Tim IIIKOIN Kanwil DJKN Banten yang memperoleh juara II kategori Video Terbaik pada ajangKOIN DJKN Tahun 2020.

Refleksi ini juga sekaligus evaluasi untuk dapat membaca dan menjawab tantangan masa depan termasuk kondisi terkini di tengah pandemik Covid 19 ini.Kita harus bersiap menatap kehidupan dengan pola-pola baru namun tetapproduktif, semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

Acara ini mempunyai harapan bahwa humas harus mempunyai kesamaan dalam menyampaikan dan memberikan informasi kepada masyarakat sudah seharusnya konten komunikasi juga terintegrated, bahwa ada data dan angel yang sama. Oleh karena itu, kita harus bekerja keras membangun dan memfasilitasi terjadinya interaksi komunikasi yang mampu untuk merumuskan narasi tunggal.

 

 

BM/Humas Banten

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini