Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
JUMAT SEHAT DENGAN YOGA BERSAMA
Budi Sulistyawan
Jum'at, 07 Agustus 2020   |   230 kali

 

Bapor DJKN Banten mengadakan olahraga yoga bersama pada Jumat, 7 Agustus 2020 dimulai jam 07.00 WIB secara virtual dan diikuti seluruh pegawai baik laki-laki maupun perempuan wilayah kerja Kanwil DJKN Banten bahkan dari wilayah luar Banten seperti pegawai KPKNL Sorong dan KPKNL Singkawang.

Kegiatan olahraga ini merupakan kegiatan rutin di hari Jumat dimana pegawai Kanwil DJKN Banten selalu berolahraga untuk menjaga Kesehatan di masa pandemi Corona ini. Kanwil DJKN Banten mengundang Trainer Yoga yang juga lulusan yoga Jaganantha 200H 2018 yaitu Lydia F. Turnip yang sudah menjadi Trainer professional di daerah Jabodetabek.

Seluruh pegawai mengikuti gerakan-gerakan  satu persatu dengan baik walaupun diawalnya, pegawai sulit untuk melakukan gerakan dasar yoga namun dengan semangat dan keinginan ingin sehat, lentur persendiannya, pegawai mampu melakukan gerakan-gerakan yoga berikutnya.

Setelah melakukan Gerakan yoga selama kurang lebih 90 (Sembilan puluh) menit, selanjutnya dilakukan tanya jawab seputar yoga mengenai gerakan-gerakan yoga dan manfaat dari Gerakan yoga tersebut.

Yoga kali ini sangat bermanfaat untuk laki laki antara lain

1.  Meningkatkan jangkauan gerak tubuh. Jangkauan gerak adalah hal yang sama seperti fleksibilitas, tapi keduanya sedikit berbeda. Pria memiliki banyak kelompok otot keras, seperti hamstring (otot belakang paha), glutes (pinggul dan bokong), perut, dan bahu. Yang tidak kita sadari, otot-otot ini memliki batasan kemampuan untuk dilatih memenuhi kapasitas rentang geraknya. Gerakan yoga bisa membuka jalan bagi otot-otot ini bekerja lebih optimal. Peningkatan kelenturan akan membantu tubuh untuk memberikan kapasitas gerak terbaiknya.

2. Melancarkan pernapasan, teknik pernapasan ini akan mengajarkan kita untuk mengambil napas panjang dan perlahan di saat kita benar-benar membutuhkannya

3.   Menguatkan keseimbangan tubuh, melalui gerakan-gerakan unik ini, tubuh kita akan dipacu untuk mengembangkan kapasitas otot dalam cara yang baru dan sama sekali tidak kita duga. Selain itu, gerakan tersebut menguatkan otot penyeimbang tubuh dan meningkatkan kesehatan persendian seiring waktu.

Ketiga manfaat itu yang dirasakan setelah mengikuti olahraga yoga bersama ini. Kegiatan ini akan dijadwalkan secara rutin oleh Bapor Kanwil DJKN Banten agar jika pegawai setelah berolahraga yoga akan dapat mengurangi rasa sakit dan cedera dan guna meningkatkan kesehatan tubuh secara umum ke tingkat selanjutnya.

Banyak sekali manfaat yoga yang sudah tak perlu diragukan lagi bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin melakukan yoga, Kita bisa mengurangi stres dan membuat tubuh bisa merasa lebih rileks, bahkan yoga baik untuk menurunkan berat badan.

Rutin beryoga akan mengasah fokus mental kita dan mengguyur racun keluar dari dalam tubuh dan mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh.

 

BM Humas DJKN Banten

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini