Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Realisasi Serapan Anggaran Semester I Kanwil DJKN Banten
Budi Sulistyawan
Selasa, 21 Juli 2020   |   234 kali

Kanwil DJKN Banten mengadakan rapat mengenai serapan anggaran pada masing-masing bidang di Kanwil DJKN Banten. Rapat dipimpin oleh Kepala Kanwil DJKN Banten, Nuning SR Wulandari dan diikuti oleh seluruh Pejabat dan staff di Kanwil DJKN Banten. Selasa (21/7).

Kantor Wilayah DJKN Banten selama kurang lebih 3 bulan telah menerapkan kebijakan WFH bagi para pegawainya. Hal ini tentu saja berdampak pada pelaksanaan tugas dan fungsi serta penyerapan anggaran yang kurang maksimal. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kepala Sub Bagian Keuangan, Bagian Umum, Kanwil DJKN Banten menunjukkan penurunan realisasi anggaran khususnya belanja barang selama kurun waktu 4 bulan terakhir (Maret - Juni 2020).

Yang menjadi faktor yang menyebabkan penurunan realisasi anggaran pada belanja barang antara lain menurunnya belanja barang pada output teknis khususnya anggaran perjalanan dinas. Kedua, menurunnya belanja barang pada output layanan operasional (perkantoran).

Dengan adanya WFH bagi sebagian besar pegawai menyebabkan biaya operasional seperti belanja bahan bakar minyak, keperluan kantor, perjalanan dinas dan biaya operasional lainnya mengalami penurunan. Sehingga terdapat kegiatan pelaksanaan tugas dan fungsi yang sudah dijadwalkan dan dibuatkan rencana kerja dalam setahun ke depan terpaksa harus ditunda atau dibatalkan dengan pertimbangan keamanan dan Kesehatan dimasa pandemic Covid-19 ini .

Serapan anggaran semua bidang di Kanwil DJKN Banten yang masih jauh di bawah 50% namun capaian output kegiatannya sudah lebih dari 50%, sementara periode waktu kegiatan sudah memasuki semester II tahun 2020, maka apabila dibandingkan antara prosentase penyerapan anggaran dengan capaian output kegiatan masing-masing bidang maka ada kecenderungan serapan anggarannya rendah namun outputnya tinggi sehinga dapat menimbulkan praduga alokasi pagu anggaran masing-masing bidang yang terlalu tinggi. Untuk itu, Kanwil DJKN Banten membahas langkah-langkah strategi dan rencana kegiatan yang akan dilakukan di semester II tahun 2020 sehingga serapan dapat optimal serta membahas keselarasan antara anggaran dengan output kegiatannya.


Humas Kanwil DJKN Banten

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini