Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten Adakan Nonton dan Simak Bareng Townhall Meeting 2021 Kementerian Keuangan Secara Virtual
Budi Sulistyawan
Jum'at, 19 Juni 2020   |   184 kali

Kanwil DJKN Banten mengadakan acara Nonton dan Menyimak Bareng Townhall Meeting 2021 Kementerian Keuangan secara virtual pada Jumat, 19 Juni 2020 dengan topik Kami Kemenkeu: Satu Keluarga, Satu Visi, Mengawal Pemulihan Ekonomi.

Melalui townhall meeting diharapkan bisa meningkatkan engagement pegawai terhadap pencapaian yang sudah menjadi target. Dari townhall meeting ini pula, saling berbagi insight baru yang bisa mendukung kami memberikan pelayanan yang lebih baik dan kinerja yang baik pula.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menjadi penyaji dalam kegiatan ini dan Moderator Sekretaris jen Kemenkeu, Hadiyanto dan diikuti oleh pegawai Kemenkeu se-Indonesia.

Sri Mulyani menceritakan bagaimana keuangan negara saat ini mengalami tekanan yang berat.

"APBN berubah luar biasa, bayangkan 2020 tadinya kita ini berharap APBN itu primary balance mendekati 0, sudah mulai sangat sehat di mana penerimaan dan belanja sudah mulai mendekat dan memiliki defisit hanya 1,76% dengan keseimbangan primer mendekati 0, kemudian ada Covid-19 menyebabkan pengeluaran belanja, hampir Rp 700 triliun sendiri," tutur Sri Mulyani.

Adanya Covid-19 maka defisit APBN 2020 akan membengkak. Ini merupakan sebuah pertanda yang menurut Sri Mulyani cukup berat. “Artinya kita butuh kinerja yang semakin keras, makin cerdas dan makin antisipatif untuk menjaga agar keuangan negara yang dalam kondisi tekanan yang berat tidak menjadi suatu tambahan masalah," sambungnya

Dengan terjadinya pembengkakan defisit, Sri Mulyani berharap kepada seluruh jajaran Kemenkeu bisa menjaga setiap uang rupiah yang keluar dan inilah tugas kita dimana pun anda berada dimana pun fungsinya. Semua jajaran Kemenkeu harus ikut merasakan bahwa saat ini instrumen keuangan yaitu keuangan negara sedang menjalani suatu tugas luar biasa berat.

Sri Mulyani juga meminta semua pegawai tetap berpegang pada nilai-nilai yang dianut Kemenkeu. Menurutnya, semua pegawai harus tetap kompak menghadapi tantangan berat karena pandemi.

"Saya tidak ingin ada orang-orang Kemenkeu yang mengkhianati visi dan value kita di Kementerian Keuangan," ujarnya.

“Mari tetap semangat, saling mendukung, menginspirasi dan menjadikan situasi ini menjadi momentum untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi diantara kita, karena siapapun dan di manapun kita bertugas, setiap kita adalah bagian penting dari Kementerian Keuangan,” pungkasnya .

Selain hal tersebut di atas, Sri Mulyani berpendapat bahwa pandemi virus corona mulai mengubah cara kerja masyarakat termasuk Indonesia. Semula, pekerjaan yang dikerjakan di Kantor kini bisa dilakukan di rumah atau yang biasa disebut Work From Home (WFH).

Sri Mulyani Indrawati mengatakan, adanya WFH membuat beberapa kantor di Kementerian Keuangan sepi. Oleh karena itu, dirinya berharap agar kantor-kantor ini bisa disewakan dan bisa menghasilkan penerimaan negara.

"Saya kalau jadi DJKN akan saya surati Menkeu dan bilang ‘Bu, kantornya nganggur aja tuh, kalau kita sewain ke orang lain bisa enggak?’ Ya enggak apa-apa juga," kata Sri Mulyani

Sebagai salah satu contohnya adalah untuk ruangan Menteri Keuangan yang berada di satu lantai. Jika disewakan selama tiga bulan saja, akan ada pemasukan yang cukup besar ke penerimaan negara.

"Coba bayangkan space menteri keuangan satu lantai di headquarter, itu tiga bulan enggak saya datangi ternyata Kemenkeu tetap jalan tuh. Berarti satu lantai kalau saya sewakan, saya bisa terima penerimaan,” kata Sri Mulyani.

Kegiatan Forum Town Hall Meeting ini diharapkan dapat memberikan pegawai Kemenkeu sebuah ide untuk mendukung arah kebijakan PEN & New Normal Kemenkeu, mengingat dan mengenali tentang kebijakan PEN & New Normal Kemenkeu, mengetahui tentang kebijakan PEN & New Normal Kemenkeu dan membantu pegawai Kemenkeu dalam menganalisis persoalan tentang kebijakan PEN & New Normal Kemenkeu.

Jangan pernah lelah mencintai negeri ini, merupakan rangkaian kata penyemangat yang sering diucapkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Sebagai pegawai Kementerian keuangan, sudah seharusnya kalimat itu menjadi pegangan dalam memberikan yang terbaik untuk negeri.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan pegawai Kementerian Keuangan dan berakhir pada pukul 10.00 WIB.

 

 

 


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini