Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
NOBAR Bincang Transformasi: Rumahku Kantorku
Budi Sulistyawan
Senin, 18 Mei 2020   |   263 kali

Kanwil DJKN Banten melaksanakan nonton bareng bincang tranformasi dengan tema Rumahku, Kantorku yang dilaksanakan oleh Sekretraiat Jenderal Kemenkeu dengan naras umber Edi Gunawan, Kepala Biro Manjemen Barang Milik Negara dan Pengadaan Sekjen Kemenkeu dan Lina Cynthia Dewi, Planning & Design Departement PT Sumareccon Agung Tbk.(18/5)

Sejak tahun 2019, Kemenkeu telah memulai Transformasi Digital melalui Program IS RBTK yang mana salah satu tujuannya adalah menciptakan organisasi yang adaptif terhadap perkembangan zaman melalui cara-cara baru dalam bekerja (New Thinking of Working) dan saat ini transformasi digital terbukti mampu membuat Kemenkeu cepat beradaptasi dengan kondisi krisis yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya seperti Pandemi Covid-19.

New Thinking of Working antara lain Activity-Based Workplace, Flexible Working Hour, Flexible Working Space.

Activity Based Workplace merupakan transformasi strategi dalam bekerja dengan mengatur ruang untuk berbagai aktivitas dalam menjalankan tugas dan fungsi organisasi dengan mempertimbangkan karakteristik organisasi dan pegawai dan lebih merupakan perubahan budaya dalam bekerja dan bukan hanya perubahan tata letak ruangan

Activity Based Workplace ini mempunyai tujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif, kolaboratif, menghilangkan silo-silo baik vertikal maupun horisontal, mendorong pemikiran yang kreatif, inovatif dan berorientasi hasil sehingga kinerja pegawai dan organisasi dapat meningkat.

Dalam melakukan Activity Based Workplace dibutuhkan alokasi ruangan antara lain zona utama yang merupakan ruang kerja utama terdiri dari ruang kerja bagi kepala satuan kerja dan pejabat setingkat eselon II ke atas, ruang front office, sekretaris, ruang kerja khusus bagi pegawai yang dalam  melaksanakan tugas membutuhkan  ruang kerja tersendiri seperti petugas Call Center, bendahara , staf pengelola keuangan dan ruang kerja bersama (Open Space),  FWS Co-Working Space,  ruang layanan (bagi unit yang memiliki layanan) dan zona pendukung, ruang pendukung pelaksanaan tugas sesuai dengan kebutuhan unit organisasi dan pegawai yang terdiri dari ruang kolaborasi, ruang rapat dengan fasilitas Video Conferrence, ruang Bersama yang merupakan area/fasilitas penunjang, yang dapat terdiri atas ruang loker untuk menyimpan barang pribadi pegawai, ruang penyimpanan, quiet Room/Focus Booth/Private Call Booth: ruang kerja yang memungkinkan pegawai melaksanakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tingggi, care room ruang laktasi, area bermain anak, leisure room yaitu ruang untuk relaksasi, olah raga/kebugaran ringan dan sosialisasi bagi pegawai seperti ruang baca, TV, ruang makan

Activity Based Workplace mempunyai dampak positif antara lain penggunaan ruang kantor lebih efisien, tumbuhnya budaya kolaboratif, komuikasi vertikal yang lebih cair, meningkatnya daya kreasi dan inovasi, meningkatnya produktivitas dan kinerja, meningkatnya kepuasan Kerja. Sedangkan dampak negatifnya antara lain diskusi tidak terkait pelaksanaan tugas, suasana menjadi lebih gaduh, aturan No Dedicated Seat dan clean desk tidak konsisten dilaksanakan.

Saat ini Kementerian Keuangan telah melaksanakan WFH tanggal 14-16 April 2020 yang diikuti oleh

18.254 pegawai dari seluruh unit eselon I.

Dalam kegiatan WFH ini, pegawai membutuhkan saran prasana untuk melakukan pekerjaan di rumah sehingga dalam kegiatan ini juga dipaparkan mengenai tips mengatur ruang kerja d irumah agar nyaman dan produktif.

Diperlukan Langkah-langkah dalam menentukan area kerja yang mendukung dalam melakukan pekerjaan WFH antara lain tentukan area kerja dirumah dengan specifik dengan preferensi personal, area mana yang paling membuatmu nyaman dan focus, manfaatkan sudut ruangan dengan meja gantung atau meja kerja, manfaatkan sofa atau coach dengan meja sistem tuck-in serta manfaatkan coffee table dengan floor cushion, sebisa mungkin tentukan area yang berbeda untuk bekerja

Pastikan memilih ruangan yang tidak saling berdekatan jika melakukan telepon, jika tidak memungkinkan megunakan rauangan yang berbeda siapkan ruangan khusus jika melakukan meeting online misalnya kamar.

Pencahayaan ruangan dimana pencahayaan yang terbaik adalah dengan memanfaatkan cahaya matahari, jika memungkinkan bekerjalah di ruangan yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup atau jika tidak, dapat digantikan dengan penerangan artificial yang memadai.

 

Dan tak kalah penting yaitu buat area kerjamu senyaman mungkin dengan media dan area yang kamu punya sehingga kita akan lebih produktif.

Dalam kegiatan nobar ini ditutup dengan diskusi dengan pejabat dan pegawai Kanwil DJKN Banten untuk memberikan masukan jika hal ini diterapkan di Kanwil DJKN Banten. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini