Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Motivasi dan Pemberdayaan Pegawai Kunci Keberhasilan Suatu Kantor
N/a
Senin, 24 Februari 2014   |   2347 kali

Singajara - Sumber Daya Manusia merupakan aset dari suatu organisasi yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran yang ditetapkan. Pegawai yang tidak berkualitas, dalam pelaksanaan tugasnya dapat mengakibatkan kegagalan pencapaian tujuan suatu organisasi. Kata-kata tersebut adalah salah satu kalimat yang disampaikan oleh Indera Widajanto, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Singaraja di saat memberikan pengarahan dalam acara Sharing of knowledge mengenai Motivasi dan Pemberdayaan yang diadakan pada 19 Februari 2014. Kegiatan tersebut diadakan adalah pertama betujuan untuk menyampaikan pengetahuan yang telah diperoleh oleh Ni Made Sukanari, Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Singaraja dalam Diklat Kompetensi Khas Motivasi dan Pemberdayaan yang diadakan oleh Pusdiklat Pengembangan Sumbar Daya Manusia pada 10 sampai dengan 14 Februari 2014. Tujuan yang kedua adalah guna menyegarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang terkait dengan motivasi sehingga diharapkan bisa membangkitkan kembali motivasi kerja pegawai KPKNL Singaraja dan pemberdayaannya.

Kegiatan tersebut diadakan di ruang pertemuan KPKNL Singaraja yang diikuti oleh seluruh pegawai. Adapun materi yang disampaikan adalah : Pengertian dan teori tentang motivasi, Tujuan motivasi dalam kaitanya dengan prilaku kerja, Pengertian Pemberdayaan dan Penerapan Pemberdayaan dalam Organisasi. Sebelum Sukanari memaparkan materi, disampaikan beberapa kalimat antara lain dikatakan bahwa capaian kinerja pegawai dalam suatu organisasi dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah motivasi. Bagaimana cara menumbuhkan motivasi pegawai, dari mana sumber motivasi itu muncul, dan cukupkah uang menjadi motivator bagi seorang pegawai?

Setelah penyampaian materi, diadakan sesi tanya jawab dan sesi berbagi pengalaman mengenai cara yang telah dilakukan untuk dapat menumbuhkan motivasi baik bagi diri sendiri maupun orang lain, sehingga suasa menjadi semakin hidup, yang paling menarik adalah komentar dari Dulatif, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian yang mengatakan “Saya tidak banyak berkomentar mengenai cara memotivasi dan memberdayakan orang lain, silahkan staf saya yang akan mengomentari”. Kemudian salah satu staf pada Seksi Pelayanan Penilain yaitu Eva Nuryani mengutarakan hal-hal terkait dengan motivasi. Dikatakan bahwa memotivasi diri sendiri adalah langkah awal untuk bisa memotivasi orang lain, Ia menyampaikan pula bahwa atasannya sering memberikan kepercayaan yang lebih  sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki pada saat menyelesaikan tugas-tugas, sehingga hal itu menjadi inspirasi bagi mereka guna lebih meningkatkan potensi dan bersemangat untuk berprestasi, sehingga kinerja yang optimal dapat dicapai.

Lain lagi pengalaman yang disampaikan oleh Leonard Simanjuntak, “Bersyukur adalah hal yang sederhana, namun sangat memotivasi disaat kita terjatuh atau terpukul dengan target yang tidak sesuai harapan, lihatlah disekeliling kita, terutama pada orang-orang yang hidupnya tidak sebaik dan senyaman yang kita dapatkan. Hal ini dapat membuat kita mampu bersyukur dan tidak terpuruk karena suatu kegagalan, bangkitkanlah motivasi diri agar bisa meraih sukses dan mencapai target kinerja yang telah ditetapkan”.  Suasana menjadi hening sejenak, terlihat dari reaksi seluruh pegawai bahwa memang benar adanya apa yang telah disampaikan oleh Leonard Simanjuntak.

Semakin siang suasana bertambah menarik karena beberpa pegawai menyampaikan berbagai pengalamannya, namun karena waktulah acara tersebut harus diakhiri. Sebelum Indera Widajanto, menutup acara, disampaikan pesan-pesan yang tentunya dapat menambah semangat bagi para pegawai KPKNL Singaraja, diantaranya dikatakan bahwa Sumber Daya Manusia yang hebat dari segi kompetensi belum tentu menghasilkan kinerja yang optimal tanpa adanya moivasi yang tinggi, sebaliknya pegawai dengan kemampuan sedang-sedang saja apabila disertai dengan motivasi yang tinggi, bukan tidak mungkin akan menghasilkan kinerja yang bagus. Dan satu pesan yang sangat penting disampaikan kepada seluruh pejabat  KPKNL Singaraja  “Bukan salah mereka saat mereka tidak maksimal dalam melaksanaan tugas, kitalah yang salah karena kita tidak mengarahkan mereka dalam memaksimalkan potensi mereka”, demikian pesan Indera. Sembari dilayangkannya kalimat terakhir terdengar sayup-sayup lagu nasional berjudul Padamu Negeri yang dengan sengaja diperdengarkan oleh tim kreatif KPKNL Singaraja yang membuat suasana penuh hikmad di penghujung acara tersebut. Diakhiri acara diadakan makan siang bersama sehingga suasana penuh keakraban dapat terlihat saat itu. Semoga harapan pegawai KPKNL Singaraja untuk meraih sukses merupakan harapan seluruh pegawai sebagai insan Kementerian Keuangan. (Teks : Sukanari, Editor : Dulatif, Fotografer : Danang Setiawan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini