Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram Adakan Lelang Amal Kerajinan Produk UMKM di Mandalika
Yuniantoro Sudrajad
Selasa, 15 Februari 2022   |   393 kali

Denpasar - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram mengadakan Lelang Amal Produk UMKM Lombok pada Rabu (09/02), secara hybrid di observation deck Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung agenda Presidensi G20 Indonesia sekaligus peringatan 114 tahun Lelang Indonesia. Acara ini diikuti oleh enam wirausaha wanita dan pemuda di Lombok serta dihadiri oleh Ketua TP PKK NTB yang juga Ketua Dekranasda NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dan jajaran ibu-ibu Forkopimda NTB, Direktur Lelang DJKN, Kepala Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara, ketua Perwakem NTB, pimpinan Bank Mandiri dan beberapa perwakilan dari kementerian/lembaga yang ada di wilayah Bali dan Nusa Tenggara


Kegiatan ini dikemas dengan acara fashion show untuk mempromosikan produk-produk UMKM Lombok di tempat yang iconik ini selain itu, turut mempromosikan sirkuit Mandalika di Mataram yang rencananya pada bulan Maret 2022 akan digunakan untuk pertandingan MotoGP tahun 2022.


Kegiatan ini dibuka oleh Dirjen Kekayaan Negara Rionald Silaban yang menyampaikan bahwa tahun ini Indonesia dipercaya sebagai Ketua Presidensi G20 yang mengusung 6 agenda prioritas dan juga Inklusi Keuangan dengan fokus Pemberdayaan Perempuan, pemuda dan UMKM adalah salah satu agenda prioritasnya. “Selain itu, pemerintah Indonesia mendukung penuh sistem perekonomian berbasis digital dan pembiayaan UMKM melalui akselarasi Inklusi Keuangan,” ujarnya.


Sementara itu, Kepala KPKNL Mataram Catur Andrianto menyampaikan bahwa acara ini adalah semangat untuk berbuat sesuai arahan Menteri Keuangan untuk berani tampil mempromosikan produk UMKM Lombok dan NTB umumnya, yang dikemas melalui acara lelang amal dan fashion show, sehingga lebih menarik dan ikonik dan menambah efek publisitas dalam rangka mempromosikan produk-produk UMKM Lombok.


“Kegiatan ini kami harapkan mampu memberi inspirasi semangat beramal dan turut menggerakkan semua elemen bangsa untuk berperan serta dalam lelang-lelang amal yang hasilnya dijadikan amal kepada yang berhak,”ungkapnya. 


Lelang amal ini semakin menarik ketika Kepala Kantor Wilayah DJKN Balinusra Anugrah Komara menjadi afslager atau pemandu lelang. Anugrah terlihat antusias dalam menawarkan barang-barang kerajinan dan ikut turut serta mempromosikan produk-produk unggulan khas pulau Lombok . Pada kegiatan lelang amal ini, dilelang 26 lot produk UMKM yang ditawarkan oleh panitia. Jenis kerajinan mulai dari gelang mutiara, bros mutiara, tas jepun, tas bahan ketak dan cicin mutiara serta masih banyak lainnya. Total penjualan barang-barang kerajinan ini mencapai Rp 48.000.000,- dengan harga jual lelang yang terbentuk terjadi kenaikan 519,77 persen dari nilai limit. Persentase penawaran tertinggi dilakukan Ny Irna Djoko Poerwanto yaitu sebesar 2.471 persen dari nilai limit.


Setelah semua produk kerajinan UKM yang dilelang telah sold out, diharapkan kedepan agar kegiatan lelang melalui flatform lelang.go.id dapat mendorong produktivitas, dan mampu  mengoptimalkan serta menjadi momentum 114 Tahun Lelang Indonesia. Selain itu, Presidensi G20 Indonesia dapat menjadi kolaborasi dalam aksi nyata menciptakan terobosan dan aksi nyata untuk berkontribusi lebih bagi pemulihan ekonomi global.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini