Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara
Berita DJKN

Liar kudanya, Mantap susunya

Rabu, 29 September 2021   |   18 kali

Setelah menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari kota Bima, Penulis telah sampai di Dusun Tolonggeru, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merupakan sentra susu kuda liar pulau Sumbawa. Disini, Penulis melihat proses pengambilan susu dan peternakan kuda liar asli Sumbawa. Susu kuda liar memang tidak sefamilliar susu sapi, kambing ataupun unta. Namun, khasiat susu kuda liar ini bisa diadu dengan susu-susu lainnya yang sudah ada di masyarakat. Berbeda dengan susu sapi yang harus melewati proses pemanasan dengan suhu tertentu atau pasteurisasi. Susu kuda liar bisa dikatakan satu-satunya susu yang bertahan tanpa diolah, berbeda dengan susu kerbau, susu kambing, sapi yang jika dibiarkan 24 jam sudah basi.Hal ini, dikarenakan di dalam susu kuda terdapat anti mikroba alami yang bisa membuatnya bertahan 5-6 bulan pada suhu ruang. Dalam proses bertahannya tersebut dia mengalami proses fermentasi alami dan zat anti mikroba yang kuat pada susu kuda ini berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Bahkan bisa dikatakan mampu membunuh bakteri pada susu kuda.

        Proses fermentasi alami terjadi setelah susu kuda tersimpan 2x24 jam. Susu akan mulai terasa asam seperti yoghurt. Khasiatnya dinilai akan semakin bagus karena sudah mengalami proses fermentasi alami. Kualitas protein susu kuda liar juga lebih baik dibandingkan dengan susu sapi karena memiliki jenis asam amino yang lebih lengkap. Jika ingin menunda fermentasinya dapat disimpan di dalam kulkas. Susu kuda liar segar yang baru diperah memiliki sedikit rasa manis, hangat, dan tidak asam. Kandungan gizi yang dimiliki susu kuda liar hampir sama tinggi menyerupai ASI. Adapun khasiat susu kuda liar antara lain membantu mengobati penyakit stroke, rematik, maag, diabetes, asam urat, tekanan darah tinggi, demam berdarah, paru-paru basah, asma, semua kanker dan tipes. Selain itu, juga bisa sebagai penangkal alergi makanan, TBC, anemia, migrain, tumor, kolesterol, pegal-pegal, gangguan pencernaan, dan lainnya. Dipercaya susu kuda juga dapat meningkatkan vitalitas dan kejantanan pria, menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat dan bugar.

         Susu kuda liar merupakan warisan budaya dan adat istiadat turun temurun masyarakat Bima yang harus kita lestarikan. Proses pengolahan susu dan cara pemasaran yang masih tradisional menjadi salah satu kendala dalam memperkenalkan susu kuda ini kepada masyarakat. Oleh karenanya, susu kuda liar masih belum terkenal di masyarakat dibandingkan dengan susu-susu lainnya.Oleh sebab itu, perlu promosi yang bisa mengangkat produk asli khas Bima ini. Salah satunya, dengan mengikutsertakan dalam Kedai Lelang UMKM sehingga susu kaya manfaat ini bisa dikenal luas oleh masyarakat. Harapannya, susu kuda liar bisa terus dikembangkan karena nilai ekonomisnya yang tinggi dan dapat mensejahterakan masyarakat.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Dr. Kusuma Atmaja Gedung Keuangan Negara I, Renon Lt.3 Denpasar - 80235
(0361) 238217
(0361) 226703
kihikanwil14@gmail.com
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |