Denpasar,– Kamis (04/02),Kantor
Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Bali dan Nusa Tenggara (Kanwil DJKN
Balinusra) melaksanakan sosialisasi service
excellence yang dihadiri seluruh jajaran Kanwil DJKN Balinusra, termasuk
Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) lingkup Kanwil DJKN
Balinusra. Kegiatan yang digelar secara virtual melalui aplikasi zoom meeting ini merupakan upaya Kanwil
DJKN balinusra untuk meningkatkan soft
competency pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait
tugas dan fungsi Kanwil DJKN Balinusra.
Dalam sambutannya, Kepala Kanwil
DJKN Balinusra Anugrah Komara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah
satu langkah Kanwil DJKN Balinusra untuk berproses membangun Zona Integritas
menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK), yaitu dengan memberikan pelayanan
yang prima. Anugrah berharap agar semua pegawai di lingkungan Kanwil DJKN
Balinusra dapat mengikuti acara dengan baik dan sungguh-sungguh serta mengambil
ilmu dari pembicara dan narasumber yang hadir.
Dalam kesempatan ini, hadir
memberikan Keynote Speech yaitu Kepala
Bea dan Cukai Denpasar Kusuma Santi
Wahyuningsih. Santi berbagi pengalaman bagaimana Bea Cukai Denpasar senantiasa memberikan
pelayanan yang prima kepada masyarakat sehingga berhasil membangun Zona
Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK). “Tidak cukup hanya
dengan ordinary services, tapi melayani
lebih dengan extraordinary services”
tegas Santi.
Untuk semakin mempertajam
pemahaman pegawai tentang service
excellence, Widyaiswara Balai Diklat Keuangan (BDK) Denpasar Nailul Hisan sebagai
narasumber turut menyampaikan materi tentang service excellence. Nailul memberikan penjelasan tentang apa yang
seharusnya dilakukan, dan apa yang seharusnya tidak dilakukan dalam rangka
memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan pengguna jasa. Lebih jauh
Nailul menyampaikan penting adanya standard pelayanan untuk memastikan
kehandalan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
Dilanjutkan dengan sesi tanya
jawab, Iman Adi Marta Pelaksana Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara yang hari
ini bertindak sebagai moderator memimpin sesi ini. Tidak hanya memberikan
pertanyaan, tetapi beberapa peserta turut membagi pengalaman ketika mereka
menerima service excellence dari
pihak lain.
Acara ini merupakan wujud
komitmen Kanwil DJKN Balinusra untuk senantiasa meningkatkan pelayanan, menjadi
yang terdepan bagi para mitra.
(Foto dan Text: Seksi
Informasi Kanwil DJKN Balinusra)