Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Virtual Visit Enam Besar Lomba Kompetisi Inovasi (KOIN), Tim KOIN Balinusra hadirkan mitra.
Corry Wulandari
Rabu, 25 November 2020   |   243 kali

(Denpasar, 25/11) – Setelah berhasil dinyatakan masuk dalam 6 besar Tim Kompetisi Inovasi (KOIN) Asset Manager yang memperoleh nilai tertinggi untuk kategori aset pada Pengelola Barang, Tim KOIN Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Bali dan Nusa Tenggara (Kanwil DJKN Balinusra) mendapatkan virtual visit dari para dewan juri kompetisi pada Selasa (24/11). Kegiatan yang dilakukan melalui aplikasi zoom ini merupakan rangkaian penilaian lanjutan Lomba Kompetisi dan Inovasi Aset Manager. Virtual visit bertujuan untuk mengklarifikasi capaian dan menilai proyek KOIN yang telah diimplementasikan berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan.

Bertindak sebagai sebagai juri yaitu Direktur Barang Milik Negara DJKN Encep Sudarwan, Direktur penilaian DJKN Kurniawan Nizar, Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto. Selain dewan juri, sebagai bentuk dukungan dan komitmen atas sinergi yang telah terbangun, hadir pula beberapa mitra yang bekerja sama sehubungan dengan optimalisasi pemanfaatan Barang Milik Negara yang menjadi proyek Tim KOIN. Sebagai mitra hadir perwakilan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung , Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI), serta pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang nantinya akan merasakan langsung manfaat dari optimalisasi BMN yang digagas Tim KOIN.

Acara dibuka dengan presentasi langsung oleh Tim KOIN yang terdiri dari Iman Adi Marta, Elvina Noviawanti, dan Dinan Silmi Iskandar dari Aula Kanwil DJKN Balinusra. Sementara itu, dua anggota tim lainnya Erik Susanto dan Lambertus Moory berada di lokasi objek pemanfaatan BMN untuk melaporkan secara langsung kondisi objek di lapangan. Mengingat kembali, objek yang menjadi proyek yang digagas tim KOIN adalah salah satu aset idle yang ada di pengelola barang yang dipinjam pakai kan ke Pemkab Klungkung untuk dijadikan Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) untuk pengembangan IKM di Kabupaten Klungkung.

Dalam kesempatan ini, Ayu Suwirta Ketua Dekranasda Kabupaten Klungkung, yang juga mewakili Pemkab Klungkung menyampaikan apresiasinya atas inisiasi dan sinergi Kanwil DJKN Balinusra dalam rangka pemanfaatan BMN tersebut. Selama ini, Ayu menyampaikan bahwa Dekranasda Kab. Klungkung belum mempunyai kantor yang representatif sebagai sarana pameran hasil kerajinan IKM yang ada di Klungkung. Dengan adanya persetujuan pinjam pakai yang diberikan oleh DJKN, objek yang tadinya tidak digunakan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pengembangan IKM Kab. Klungkung. Ayu juga menyampaikan komitmen Pemkab Klungkung untuk sama sama mengawal proyek optimalisasi ini sampai dengan selesai sesuai yang diharapkan.

Sesi tanya jawab menjadi kesempatan bagi setiap dewan juri untuk mengkonfirmasi hal-hal yang belum jelas. Pertanyaan bukan hanya kepada Tim KOIN, namun juga ditujukan kepada mitra. Pada sesi ini, Tito Ketua Cabang LPEI Denpasar juga mendapat kesempatan untuk menyampaikan program Coaching IKM yang akan dilaksanakan untuk memberikan pelatihan kepada IKM binaan Dekranasda di Klungkung. Coaching IKM ini merupakan wujud nyata bagaimana proyek optimalisasi BMN oleh Tim KOIN ini merupakan rangkaian kegiatan dari hulu ke hilir dengan tujuan pengembangan IKM.

Sebagai penutup, Anugrah Komara Kepala Kanwil DJKN Balinusra menyampaikan apresiasinya kepada semua mitra yang turut bersinergi dalam proyek optimalisasi BMN ini. Sinergi yang terjalin menjadi langkah awal optimalisasi BMN untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

(Text : Humas Kanwil DJKN Balinusra ; Foto: Humas DJKN Balinusra dan Panitia KOIN Pusat)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini