Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Press Release Kinerja APBN di Masa Pandemi
Corry Wulandari
Jum'at, 24 Juli 2020   |   646 kali

Denpasar (23/7) – Perekonomian nasional yang dihantam oleh Pandemi Covid-19 sejak awal Triwulan II 2020 masih menyisakan kondisi ketidakpastian di masyarakat. Dengan semangat memberikan stimulus positif kepada masyarakat, perwakilan Kementerian Keuangan Republik Indonesia di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menginisiasi penyampaian kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sampai dengan Semester I 2020 kepada publik melalui press release pada Kamis (23/7).

Kegiatan yang digelar secara virtual ini dihadiri oleh insan media lokal di wilayah Propinsi NTT baik elektronik maupun surat kabar. Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Propinsi NTT yang juga merupakan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Lydia Kurniawati Christyana hadir membuka acara dan menyampaikan realisasi APBN di masa pandemi dari sisi belanja negara.  Lydia mengungkapkan bahwa meskipun tekanan pada APBN Semester I nyata adanya, prioritas belanja negara tetap pada penanganan COVID-19 dan stimulus ekonomi.

Dalam kesempatan ini, Anugrah Komara Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Bali dan Nusa Tenggara (Kanwil DJKN Bali Nusra) berkesempatan hadir dan menyampaikan realisasi kinerja DJKN di Propinsi NTT serta isu strategis pencapaian target. Penerimaan dari pengelolaan kekayaan negara di Propinsi NTT yang selalu mengalami trend peningkatan dua tahun terakhir terpaksa menurun di Semester I 2020 ini karena penurunan kegiatan ekonomi sebagai dampak pandemi COVID-19. 

Selain Anugrah, hadir pula Hendra Prasmono Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Bali, Nusa Tenggara Barat dan NTT dan Belis Siswanto Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Nusa Tenggara yang juga menyampaikan kinerja APBN Propinsi NTT dari segi penerimaan pajak dan cukai yang cukup mengalami tekanan selama pandemic COVID-19 ini. Tidak lupa pula disampaikan juga langkah-langkah strategis sebagai bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang telah dan sedang dilakukan Kementerian Keuangan melalui fungsi Eselon I masing-masing.

Dengan adanya press release ini, diharapkan insan media dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk bersama sama mengawal keuangan negara, dan mendukung kebangkitan perekonomian nasional pasca diluncurkannya Program PEN. Ancaman pelemahan ekonomi global adalah tantangan yang harus disikapi dengan optimisme.

(Humas Kanwil Bali Nusra)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini