Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pacu Cost Saving, Kepala Kanwil DJKN Bali Nusra dorong Satker manfaatkan aset Idle
Desak Putu Jeny
Selasa, 17 April 2018   |   414 kali

Denpasar - Kepala Kantor Wilayah DJKN Bali dan Nusa tenggara (Balinusra) Ngakan Putu Tagel melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur pada 11-12 April 2018.

Tujuan kunjungan tersebut untuk mempererat jalinan silaturahmi dan koordinasi serta sinergi yang harmonis antara Kanwil DJKN Balinusra dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka, terutama terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi serta peran Kanwil DJKN Bali Nusra di Kabupaten Sikka. Selain itu, untuk berkoordinasi dengan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sikka, penelitian sekaligus peninjauan lapangan Aset Bekas Milik Asing Tionghoa.

Dalam kunjungannya, Ngakan Putu Tagel yang didampingi Kepala Seksi PKN II dan PKN III, disambut Plt Bupati, Bapak Paulus Manser. Ngakan Putu Tagel menyambut baik informasi dari Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Sikka tentang rencana alih status BMN, yakni BMN yang dalam penggunaan kementerian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi di Desa Persiapan Koliosan Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka NTT seluas 260 Ha untuk digunakan Kodam IX udayana sebagai kantor, asrama dan pusat pelatihan Korem baru di Sikka, Maumere.

Ngakan Putu Tagel menegaskan bahwa pemanfaatan aset idle untuk kepentingan Pemerintah dapat menghemat anggaran negara untuk pengadaan tanah. Hal tersebut merupakan salah satu peran penting dari DJKN untuk meningkatkan kualitas APBN melalui cost saving. Pria yang dikenal murah senyum ini meminta kerja sama dengan Bupati untuk mendukung kelancaran program ini dengan membantu komunikasi dan menjembatani dengan masyarakat desa setempat yang merasa memiliki atas sebagian tanah dimaksud. Hal ini agar tidak terjadi benturan antara pemerintah dan masyarakat. Selain itu, menurut Putra Daerah Bali ini, dengan berdirinya Korem di daerah tersebut akan meningkatkan gerak ekonomi wilayah tersebut sehingga akan menguntungkan bagi masyarakat setempat.

Dari Kantor Bupati, Ngakan Putu Tagel melanjutkan lawatannya untuk melihat langsung Aset Bekas Milik Asing dan Tionghoa di Kabupaten Sikka. Dalam kesempatan ini Ngakan Putu Tagel memimpin rapat penelitian TAD langsung dilokasi dan melakukan dialog dengan beberapa pihak yang mengetahui riwayat ABMA/T tersebut, termasuk dengan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sikka, Vivi Ganggas.

Di akhir kunjungannyaNgakan Putu Tagel mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta jajarannya, Kepala kantor Pertanahan Kabupaten Sikka dan Kepala Staf Kodim 1603/Sikka beserta jajaran atas perhatian dan dukungannya kepada Kanwil DJKN bali dan Nusa Tenggara dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di wilayah Kabupaten Sikka.

(Bidang KIHI Kanwil DJKN Balinusra Penulis: Desak Putu Jeny Foto: Erik Susanto) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini