Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kepala Kanwil DJKN Balinusra Pimpin Rapat Persiapan Revaluasi Aset BMN
Zulkifli
Kamis, 27 Juli 2017   |   162 kali

Denpasar – Lagu “Padamu Negeri” mengawali rapat persiapan Revaluasi Aset Barang Milik Negara (BMN) di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Bali dan Nusa Tenggara (24/7).

Rapat yang diselenggarakan di Aula Lantai 3 Kanwil DJKN Balinusra ini dihadiri seluruh pejabat Eselon 3 Kanwil DJKN Balinusra, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) beserta Kepala Seksi Penilaian dan Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara di lingkungan DJKN Balinusra.

Dalam arahannya, Kepala Kanwil DJKN Balinusra, Ngakan Putu Tagel menyampaikan hasil Rapat Pimpinan DJKN yang diselenggarakan pada tanggal 11 Juli yang lalu di Jakarta. Bahasan pertama terkait rencana revaluasi aset BMN yang akan dilaksanakan pada tahun ini sampai dengan tahun 2018. Senada dengan rencana tersebut, Tagel meminta agar jajarannya mempersiapkan diri dimulai dengan memetakan strategi pelaksanaan kegiatan revaluasi. “Hal ini sangat penting agar kita dapat mengukur sejauh mana kemampuan kita sehingga revaluasi aset dapat dilaksanakan dengan baik,” tutur Tagel. Wilayah kerja Kanwil DJKN Balinusra yang meliputi 5 KPKNL dengan luas wilayah yang besar mengharuskan perencanaan dilakukan secara matang. 

Pesan selanjutnya yang disampaikan adalah terkait pengurusan piutang Negara dan lelang. Hasil pengurusan piutang Negara yang sampai dengan saat ini belum maksimal di lingkungan Kanwil Balinusra khususnya ia meminta agar jajarannya terus berupaya meningkatkan potensi yang ada agar target yang direncanakan dapat tercapai.

Dalam hal pelaksanaan lelang, Tagel mengapresiasi capaian yang telah diperoleh jajarannya saat ini sekaligus berharap agar hasil positif yang telah dicapai tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Kualitas lelang dengan menggunakan e-Auction saat ini menjadikan DJKN sebagai lembaga yang dapat dipercaya dan diakui oleh masyakat luas. “Untuk itu marilah kita jaga agar kepercayaan masyarakat tersebut dapat dipertahankan,” pesannya.

Selanjutnya rapat revaluasi dimoderatori oleh Kepala Bidang PKN, Irwan Mardianto. Dalam sambutannya Irwan meminta agar seluruh jajaran Kanwil Balinusra dapat menyampaikan kekuatan masing-masing KPKNL guna pemetaan strategi pelaksanaan revaluasi.

Paparan dari kepala kantor meliputi jumlah Satuan Kerja (Satker) pada Kementerian/Lembaga (K/L), Jumlah objek reval, rencana anggaran yang dibutuhkan serta pembentukan Tim Revaluasi. Dari keseluruhan paparan yang disampaikan para Kepala Kantor, KPKNL Kupang mendapatkan perhatian khusus. Hal ini disebabkan wilayah kerja yang sangat luas dengan letak geografis yang terpisah-pisah pulau seperti Flores, Rote, Sawu, Alor dan pulau-pulau kecil lainnya, serta menaungi Satker K/L di 22 Kabupaten/Kota. Kondisi seperti ini memerlukan Bantuan Kerja Operasional (BKO) dari kantor lain.

Selanjutnya setelah paparan yang disampaikan Kepala KPKNL selesai, Kanwil sebagai koordinator pelaksanaan mengoordinir pembagian tugas pelaksanaan revaluasi aset BMN tersebut. (Penulis-Foto: Sumarsono, Zul/Yuan)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini