Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi DJKN dan BPN Aceh, Hilangkan Hambatan Dalam Penerbitan SKPT Online
Anton Wibisono
Senin, 12 Oktober 2020   |   127 kali

Banda Aceh – Senin, 12 Oktober 2020, Kanwil DJKN Aceh melakukan rapat koordinasi dengan Kanwil BPN Aceh terkait Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) Online. Rapat dipimpin oleh Kepala Kanwil DJKN Aceh dan Kepala Kanwil BPN Aceh, serta dihadiri oleh Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN, Kepala Bidang Hubungan Hukum Kanwil BPN, Kepala KPKNL Banda Aceh, Kepala KPKNL Lhokseumawe, 23 Kepala Kantor Pertanahan se-Propinsi Aceh, Pejabat Lelang, serta Kepala Seksi Hubungan Hukum Kantor Pertanahan.

Dimulai dengan sambutan dan arahan dari Kepala Kanwil DJKN Aceh, Syukriah HG, yang mengatakan bahwa selama ini Kanwil DJKN Aceh dan Kanwil BPN Aceh telah melakukan sinergi yang sangat baik terkait pelaksanaan sertifikasi BMN. Sinergi yang sangat baik ini diharapkan berlanjut dalam pelaksanaan penerbtian SKPT Online maupun hal-hal lain dimasa mendatang.

Selajutnya Kepala Kanwil BPN Aceh, Agustyarsyah, menyampaikan sambutan dan arahan yang menyampaikan bahwa Kanwil BPN Aceh tampil full team dengan dihadiri oleh Kabid Hubungan Hukum, dan hampir seluruh Kepala Kantor Pertanahan se-Propinsi Aceh. Selain dari lingkup Kanwil BPN Aceh juga turut hadir Tim Support Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) dari BPN Pusat yang selama ini mensupport pelaksanaan SKPT Online. Kanwil BPN Aceh menyampaikan siap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa, termasuk penerbitan SKPT Online dari KPKNL.

Diskusi berjalan dengan lancar dalam suasana hangat. Pusdatin BPN menyampaikan secara rinci langkah - langkah dalam penerbitan SKPT Online, disampaikan pula bahwa dalam hal bidang tanah tersebut telah divalidasi maka SKPT Online dapat diterbitkan dalam waktu 5-10 menit. Namun, jika bidang tanah dimaksud belum tervalidasi secara online maka penerbitan SKPT dilakukan secara manual. Secara prinsip, SKPT Online telah berhasil dilaksanakan, beberapa kendala teknis kecil di lapangan akan dilakukan koordinasi secara mendalam antara KPKNL dengan Kantor Pertanahan setempat.

Syukriah dan Agustyarsyah menyampaikan bahwa secara administrasi memang tetap ada prosedur yang harus ditempuh, namun dengan rapat koordinasi ini telah dihasilkan kesepahaman bersama terkait pelaksanaan SKPT Online khususnya di lingkup Kanwil DJKN Aceh dan Kanwil BPN Aceh.

(Narasi/foto : rachmadi & aw)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini