Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tingkatkan Sinergi Antar Pegawai, Kanwil DJKN Aceh Ikuti Pelatihan In House Training (IHT)
Anton Wibisono
Senin, 30 September 2019   |   256 kali

Banda Aceh (25-26/09), Kanwil DJKN Aceh bekerjasama dengan Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN dan Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Keuangan mengadakan kegiatan Lokakarya Soft Competency atau yang biasa dikenal sebagai In House Training (IHT).

 

Kegiatan tersebut rutin diadakan setiap tahun guna meningkatkan sinergi antar pegawai serta memberi pemahaman kembali kepada para pegawai terkait Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu, Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan. Kegiatan IHT tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari.

 

Hari Pertama, tanggal 25 September 2019, IHT dilaksanakan di dalam ruang rapat Kanwil DJKN Aceh. Acara dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kanwil DJKN Aceh, Yoni Ardianto dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Aceh. Perwakilan dari Bagian Kepegawaian, Sekretariat DJKN, Guntur Priadi sebagai narasumber menyampaikan materi tentang Assessment Center yakni penilaian berbasis kompetensi yang dilakukan kepada pegawai dengan menggunakan berbagai teknik evaluasi, metode, dan alat ukur yang dilakukan oleh beberapa penilai Assessment Center. Metode, dan alat ukur Assessment Center tersebut adalah inventory, simulasi, assignment, dan wawancara.

 

Berdasarkan PMK nomor 217/PMK.01/2017, Kamus Kompetensi Manajerial terdiri dari kemampuan berpikir (thinking), kemampuan bekerja (working), kemampuan berelasi (relating), dan kemampuan manajemen diri (self managing). Dari materi yang disampaikan tersebut, antusias para peserta terlihat ketika sesi tanya jawab berlangsung.

 

Selanjutnya, pada hari kedua, tanggal 26 September 2019, acara dilaksanakan di luar ruangan, Lapangan Tenis Gedung Keuangan Negara (GKN) Aceh. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Widyaiswara PPSDM yaitu, Bambang Kismanto. IHT diisi dengan permainan-permainan yang memiliki makna berkaitan dengan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Misalnya ketika melakukan permainan memasang karet gelang ke ujung botol dengan syarat bahwa kaki peserta tidak boleh melewati garis yang telah ditentukan. Oleh karena itu, kerjasama tim diperlukan untuk menahan anggota tubuh lainnya agar peserta tidak terjatuh ke tanah. Makna dari permainan ini adalah sinergi dan integritas tim dipertaruhkan untuk mencapai tujuan yang sama yaitu karet yang berhasil diletakkan di atas botol. Bambang Kismanto menyampaikan bahwa apabila kita memahami makna dari setiap permainan maka kita akan dapat pemahaman lebih mendalam mengenai Nilai-Nilai Kementerian Keuangan.


Di akhir sesi acara, ditutup dengan penyampaian pemenang lomba serta pembagian hadiah kepada tim yang memenangkan permainan tersebut. (Narasi: Habib Yusyaf /Anton W; Foto: Habib Yusyaf, MGR)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini