Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Untuk Menyukseskan Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2019, Kanwil DJKN Aceh Melakukan Sosialisasi pada Satuan Kerja BPKS
Anton Wibisono
Senin, 28 Januari 2019   |   370 kali

Sabang - Dalam rangka menyukseskan Program Percepatan Sertipikasi Barang Milik Negara (BMN) pada Kementerian Lembaga tahun 2019, Kanwil DJKN Aceh melakukan kegiatan sosialisasi kepada seluruh keuchik (Kepala Desa) di wilayah Pulau Breuh dan Pulau Nasi Kabupaten Aceh Besar yang diselenggarakan oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS Sabang) pada tanggal 15 Januari 2019. Kegiatan ini dilakukan di seberang pulau yang cukup menantang, Pulau Breuh, dan ini merupakan pengalaman kali pertama yang dirasakan oleh Tim Percepatan Sertipikasi BMN berupa Tanah dari Kantor Wilayah DJKN Aceh, karena untuk menjangkau tempat sosialisasi tersebut, anggota tim harus melakukan perjalanan selama kurang lebih selama 1,5 jam dengan menggunakan kapal kayu dan diiringi ombak yang cukup besar. Disamping unsur DJKN dan BPKS, acara tersebut juga dihadiri oleh unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Pulo Aceh yang terdiri dari Camat, Kapolsek dan Danramil.

Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Deputi Komersial dan Investasi  BPKS Sabang, Agus Salim. Di depan para keuchik, Agus menyatakan bahwa Program Percepatan Sertipikasi BMN berupa tanah pada Satuan Kerja BPKS yang berada di wilayah Pulau Breuh dan Pulau Nasi sangat penting, karena dapat memberikan kepastian hukum bagi BPKS Sabang maupun calon investor. Terkait dengan calon investor, telah bersertipikatnya tanah BPKS akan mendorong calon investor untuk menanamkan modalnya di Pulau Breuh dan Pulau Nasi karena mereka mendapatkan kepastian hukum, terutama atas bidang tanah BPKS yang dimanfaatkan. Dengan adanya investor yang menanamkan modal  di pulau Breuh, khususnya di bidang industri perikanan dan pariwisata diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di Pulau Breuh dan Pulau Nasi  sekaligus membuka lapangan kerja bagi warga setempat. Sesi acara kemudian dilanjutkan dengan paparan Camat Pulo Aceh, Yusra. Yusra meminta para keuchik memberikan dukungan sepenuhnya terhadap Program Percepatan Sertipikasi BMN berupa tanah tahun 2019, karena kegiatan tersebut bermanfaat bagi pembangunan Kecamatan Pulo Aceh.

Narasumber selanjutnya adalah Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Aceh, Agus Setiyo Pambudi, memberikan paparan secara umum tentang Program Percepatan Sertipikasi BMN berupa tanah pada K/L. Agus menyampaikan bahwa pada tahun 2019 terdapat kurang lebih 709 (tujuh ratus sembilan) bidang tanah pada satuan kerja BPKS di Pulau Breuh dan Pulau Nasi yang akan disertipikasi. “Peran keuchik dalam membantu proses sertipikasi sangat penting, karena terdapat beberapa dokumen persyaratan sertipikasi yang harus ditandatangani oleh keuchik,” ungkap Agus. Disamping itu, keuchik juga berperan untuk melakukan pendampingan kepada petugas kantor pertanahan dan satuan kerja ketika melakukan proses pengukuran bidang tanah, serta melakukan komunikasi dengan warga pemilik tanah yang berbatasan dengan bidang-bidang tanah BPKS yang akan disertipikasi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi/tanya jawab, pada akhir acara secara umum para keuchik menyatakan mendukung sepenuhnya atas pelaksanaan Program Percepatan Sertipikasi BMN berupa tanah pada satuan kerja BPKS yang terletak di Pulau Breuh dan Pulau Nasi. (Bidang PKN) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini