Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Dahlan: Merpati Jangan Ditutup!
finance.detik.com, 29 Desember 2013
 Senin, 30 Desember 2013 pukul 10:39:28   |   527 kali

Jakarta -Pemerintah memutuskan nasib PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) tetap dipertahankan meski perusahaan penerbangan tersebut mempunyai utang triliunan rupiah.

Menteri BUMN Dahlan Iskan yang sebelumnya sempat berpikir untuk menutup Merpati, kini mendukung untuk memberikan satu kali kesempatan kepada Merpati agar tak ditutup.

"Terkait keputusan Merpati sudah diputuskan ditingkat BUMN, saya sudah mendapat lampu hijau dari Kemenko (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian) bahwa Merpati jangan ditutup," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan ditemui usai menghadiri acara Festival Bakso Gratis Untuk Rakyat di Parkiran Timur Senayan, Minggu (29/12/2013).

Dahlan mengatakan dalam rapat yang telah dilakukan oleh para petinggi di Kementerian BUMN, menghasilkan keputusan menerima konsep Kerjasama Operasi (KSO) dengan investor yang diajukan manajemen Merpati.

"Dalam rapat yang dilakukan para deputi-deputi BUMN dipimpin Wakil Menteri BUMN diputuskan menerima konsep KSO yang diajukan," tutup Dahlan.

Seperti diketahui sebelumnya, pada proposal penyelamatan Merpati. Dahlan mengaku ada 15 investor yang berminat menjadi mitra maskapai pelat merah ini. Merpati dipandang masih memiliki jaringan, sumber daya manusia hingga fasilitas perawatan pesawat yang cukup baik.

"Ada 15-an yang minat KSO (Kerjasama Operasi) dengan Merpati. Mereka tetap mencari peluang bisnis karena Merpati network bagus, service maintenance bagus sehingga mereka menganggap hal itu sebagai hal mendasar diperlukan perusahaan penerbangan itu," paparnya.

Seperti diketahui saat ini pemerintah masih mengambil opsi menyelamatkan Merpati dengan proposal program restrukturisasi yang ditangani oleh PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA). Namun apabila proses restrukturisasi Merpati juga tak menyelesaikan masalah BUMN tersebut, maka akan dilempar ke investor, apabila tak berhasil juga maka Merpati akan ditutup.
(rrd/hen)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini