Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita Media DJKN

Menkeu: IPO Baturaja berdampak positif bagi negara

Selasa, 05 Februari 2013 pukul 09:13:59   |   202 kali

Sindonews.com - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo menerangkan, rencana penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) yang akan dilakukan PT Semem Baturaja akan berdampak positif bagi Negara.

"Dengan IPO, harga saham akan mencerminkan kekayaan perusahaan. Karena dia (Semen Baturaja) milik negara (Badan Usaha Milik Negara/BUMN), maka akan mencerminkan juga kekayaan negara," terang Agus di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (4/2/2013).

Sementara secara kinerja, lanjut Agus, kenaikan harga saham perseroan akan meningkatkan kekayaan perseroan yang dapat membiyai berbagai kegiatan pengembangan usaha yang akan dilakukan perseroan.

"Semen Baturaja tidak hanya melakukan perluasan pertama. Tapi hingga tahun 2017 juga akan melakukan ekspansi. Ini bisa meningkatkan perluasan penyerapan tenaga kerja," ujar mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini.

Sekretaris Perusahaan Semen Baturaja, Zulfikri Subli mengatakan, IPO kemungkinan akan dilakukan pada semester II tahun ini lantaran masih menunggu restu dari Komisi XI DPR. Adapun, jumlah saham yang akan dilepas ke publik pada saat IPO antara 20-35 persen, dengan target dana sebesar Rp1 triliun.

"Sebanyak 35 persen itu kan maksimum yang bisa kita lepas. Kalau dengan 20 persen sudah bisa memenuhi kebutuhan dana yang kita perlukan, ya kan berarti tidak perlu sampai melepas 35 persen. Raihan dananya tetap kita targetkan Rp1 triliun," ujarnya, baru-baru ini.

Dana hasil IPO akan digunakan perseroan untuk membangun pabrik semen berkapasitas 1,5 juta ton di Sumatera Selatan atau Jambi. Selesainya pabrik ini akan menambah kapasitas semen perusahaan menjadi 3,5 juta ton. Dengan demikian, perseroan berharap bisa menguasai pangsa pasar semen di Sumatera Selatan dan Jambi mencapai 60 persen.  

(rna)

Sumber: http://ekbis.sindonews.com/read/2013/02/04/33/714209/menkeu-ipo-baturaja-berdampak-positif-bagi-negara

Sumber :
Tanggal diunggah : Selasa, 05 Februari 2013 pukul 09:13:59
Terakhir diedit : Selasa, 05 Februari 2013 pukul 09:13:59
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |