Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Terkendala Dana, Pertamina Belum Siap Rebut Blok Mahakam

 Rabu, 20 Februari 2013 pukul 16:52:43   |   409 kali

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengaku belum siap mengambil alih Blok Mahakam. Sebab, hal tersebut masih terkendala masalah pendanaan.

"Ini kan belum selesai pembahasannya dengan Pertamina. Jadi saya tidak membahas itu dulu," ujar Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, Selasa (19/2/2013).

Karen berjanji akan memberikan konfirmasi setelah kesiapan pendanaan selesai. Setelah itu Karen juga akan membahas kesiapan kerja Pertamina mengambil alih Blok Mahakam dengan Total E&P sebagai kontraktor yang sudah menyiapkan investasinya pada 2017.

"Kesiapan apapun, teknologi dan finansial itu nanti setelah selesai beres dengan diskusi dengan pihak pemerintah dan juga dengan Total," jelas Karen.

Seperti dilansir Tribunnews dari Kompas.com, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menginginkan PT Pertamina mengambil alih 40 persen saham di Blok Mahakam.

Jero menegaskan, langkah tersebut untuk membuktikan bahwa blok migas tersebut harus direbut oleh Indonesia. Hal ini akan menunjukkan rasa nasionalisme bangsa sebagai pemilik salah satu blok migas terbesar di Indonesia tersebut. Sebab, kontrak bagi hasil blok Mahakam ditandatangani tahun 1967, kemudian diperpanjang pada 1997 untuk jangka waktu 20 tahun sampai 2017.

Kegiatan eksplorasi yang dilakukan pada tahun 1967 menemukan cadangan minyak dan gas bumi di Blok Mahakam pada 1972 dalam jumlah yang cukup besar. Cadangan (gabungan cadangan terbukti dan cadangan potensial atau dikenal dengan istilah 2P) awal yang ditemukan saat itu sebesar 1,68 miliar barel minyak dan gas bumi sebesar 21,2 triliun kaki kubik (TCF).

Terkait permintaan Jero untuk mengambil blok migas tersebut yang cukup besar, Jero ingin agar Pertamina bisa menggandeng pihak pemerintah daerah hingga swasta untuk bisa mengakuisisi saham Blok Mahakam tersebut.

Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang bekerja di Blok Mahakam saat ini yaitu Total yang berpartner dengan Inpex dengan komposisi 50 persen-50 persen, telah menginvestasikan setidaknya 27 miliar dollar AS atau sekitar Rp 250 triliun. Sejak masa eksplorasi dan pengembangannya telah memberikan penerimaan negara sebesar 83 miliar dollar AS atau sekitar Rp 750 triliun.

Sumber: http://banjarmasin.tribunnews.com/2013/02/19/terkandala-dana-pertamina-belum-siap-rebut-blok-mahakam

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini