Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
PIP Harapkan Harga Inalum di Bawah Rp 7 Triliun

 Selasa, 19 Maret 2013 pukul 10:00:56   |   550 kali

Bogor - Kepala Pusat Investasi Pemerintah, Soritaon Siregar, mengharapkan pengambilalihan saham PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) tidak melampaui harga yang dialokasikan pemerintah, yakni Rp 7 triliun. PIP berharap bisa mengambil alih dengan dana di bawah Rp 7 triliun. “Masih dibintangi, tapi kami targetkan selesai akhir Oktober,” katanya saat ditemui usai paparan kinerja Pusat Investasi Pemerintah di Sentul City, Sabtu, 16 Maret 2013.

Soritaon mengatakan pengambilalihan saham Inalum hingga saat ini belum disepakati. Pihak pemerintah masih terus melakukan penawaran harga saham dengan Nipon Asahan Aluminium Co Ltd. (NAA). "Jadi Inalum itu belum ada angka kesepakatan dengan Jepang," katanya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Hadiyanto, menyatakan masih ada perbedaan harga yang ditawarkan oleh Nippon Asahan Inalum Jepang dengan yang diinginkan pemerintah. Dia menyatakan masih dilakukan negosiasi master agreement atau nilai buku, karena adanya perbedaan nilai buku antara pemerintah dan konsorsium Jepang.

Meski demikian, Hadi yakin proses akuisisi akan berjalan lancar dan pada 31 Oktober 2013 pemerintah bisa menguasai 100 persen saham PT Inalum. Setelah diakuisisi pemerintah, PT Inalum akan menjadi badan usaha milik negara. Dia juga memastikan tidak ada masalah dengan dana untuk akuisisi. Pemerintah telah menyiapkan dana Rp 2 triliun dari APBN 2014 dan Rp 5 triliun pada 2013.

Proyek Inalum merupakan hasil kerja sama antara pemerintah Indonesia dan konsorsium investor asal Jepang yang tergabung dalam Nippon Asahan Alumunium Co. Ltd (NAA). Kerja sama yang dimulai sejak 1975 ini akan berakhir pada tahun ini. Pemerintah saat ini menguasai 41,12 persen saham Inalum, sedangkan sisanya dikuasai oleh Nippon Asahan Aluminium.

http://www.tempo.co/read/news/2013/03/16/087467456/PIP-Harapkan-Harga-Inalum-di-Bawah-Rp-7-Triliun

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini