Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Pemulihan Ekonomi Nasional, DJKN Suluttenggomalut Gelar Lelang Sukarela Online Produk UMKM
https://manado.tribunnews.com/2020/10/24/pemulihan-ekonomi-nasional-djkn-suluttenggomalut-gelar-lelang-sukarela-online-produk-umkm?page=2
 Senin, 26 Oktober 2020 pukul 08:45:39   |   186 kali

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulut Sulteng Gorontalo dan Malut (DKJN Suluttenggomalut) menggelar lelang sukarela online untuk pertama kali.

Lelang yang melibatkan pelaku UMKM di Manado dan sekitarnya ini berlangsung Jumat (23/10/2020).

Lelang sukarela melalui situs lelang.go.id yang dipimpin Pelelang Ahli Pertama Farid Suprapto ini berlangsung sekitar dua jam.


Puluhan paket produk UMKM terjual dibeli peserta lelang. Barang terjual beragam. Mulai dari berbagai aneka abon, sambal roa, keripik kelapa, keripik nike, tas, syal hingga aneka kue.

Lelang ini digelar dalam rangka Hari Uang Indonesia ke-74 yang diperingati setiap 30 Oktober.

Pelaksana Harian Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Kurniawan Catur Andrianto berharap pelaku UMKM, pengusaha hingga masyatakat umum bisa memanfaatkan fasilitas lelang.go.id.

Lelang sukarela online, menurut Kurniawan, menjadi alternatif bagi pelaku usaha untuk memasarkan produknya.

"Hal ini menguntungkan di tengah pembatasan sosial karena tidak ada kontak fisik. Penjual, pembeli tidak bertemu langsung. Keduanya hanya memantau lelang.go.id," katanya.

Keuntungan lainnnya dari lelang online ialah penjual dan peserta bisa mendapatkan harga terbaik. Kebanyakan produk terjual di atas harga yang ditentukan penjual.

"Penjual pasti mendapatkan harga di atas harga yang ditetapkannya karena ada persaingan yang fair antar pembeli," katanya.

Kemudian, lelang online ini memperluas jangkauan pemasaran produk penjual. Pasalnya, penjual bisa datang dari mana saja, tidak hanya Indonesia tapi seluruh dunia.

Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado Rofiq Manshur menambahkan, lelang sukarela online perdana ini menandai Pekan Lelang dalam rangka Hari Uang RI ke-74.

"Harapan kami, ini bisa jadi solusi di tengah pandemi dan alternatif ruang pemasaran," katanya.


Katanya, lelang.go.id bisa jadi alternatif bagi pelaku UMKM maupun pengusaha lainnya yang tak bisa menjangkau marketplace komersil.

"Ini peluang karena tren penjualan online di tengah pandemi naik 30-40 persen," jelas Rofiq.

Bagi pelaku UMKM ataupun pelaku usaha lainnya mau menjual produknya secara lelang sukarela, caranya mudah. Cukup registrasi di lelang.go.id. Siapkan KTP, NPWP dan tentu saja foto produknya.

Sementara, bagi calon peserta lelang atau pembeli, hanya perlu registrasi dengan menyertakan KTP dan NPWP.

Bisa juga datang langsung ke KPKL Manado di Gedung Keuangan lantai empat, Jalan Bethesda Manado.(ndo)


Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini