Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Pemkot Solo Terima Hibah Tanah HGB 384 dari Kemenkeu Guna Dukung Pelestarian Cagar Budaya
tribunsolo.com, kamis 25 April 2019
 Jum'at, 26 April 2019 pukul 07:08:10   |   423 kali

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Pemkot Solo menerima hibah tanah hak guna bangunan (HGB) 384 dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Kamis (25/4/2019) siang.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) merupaka satu unit eselon I di Kementerian Keuangan yang mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisai teknis di bidang kekayaan negara, piutang negara, dan Ielang.

Pemberian hibah tersebut dilakukan untuk optimalisasi aset.


Hibah aset tersebut merupakan bekas BPPN yang terletak di Jl Jenderal Sudirman, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo.

Aset merupakan bentuk sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah di mana Barang Milik Negara (BMN), berupa sebidang tanah dengan nilai Rp 38.712.800.000 dan seluas 3.132 m2.

"Serah terima ini adalah optimalisasi barang milik negara yang belum dimanfaatkan," kata Kepala Kanwil DJKN Jateng-DIY, Tavianto Nugroho, Kamis (25/4/2019) siang.


Tavianto membeberkan fakta masih adanya barang belum diserahterimakan. "Bisa saja kita kerjasama dengan pihak ketiga, disewakan secara berjangka atau secara operasional bisa juga dipakai pihak swasta," katanya.

"Atau ada pemerintah daerah wali kota atau gubernur yang membutuhkan, mereka meng-capture ini mau dipakai bisa dan tidak masalah," katanya.

Aset yang dihibahkan tersebut direncanakan akan digunakan untuk mendukung pelestarian cagar budaya.

Selain itu ke depan, tanah tersebut mampu menunjang penyelenggaraan Pemerintah Kota Surakarta sehingga dapat bermanfaat bagl masyarakat yang lebih luas.


Naskah hibah tanah tersebut ditandangani oleh Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, serta Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Solo, Yosca Herman Sudrajat, di Loji Gandrung. (*)

http://solo.tribunnews.com/2019/04/25/pemkot-solo-terima-hibah-tanah-hgb-384-dari-kemenkeu-guna-dukung-pelestarian-cagar-budaya

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini