Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Sosialisasikan e-Auction dan PP 3/2018
Radar Sidoarjo, 01 Maret 2018
 Kamis, 01 Maret 2018 pukul 17:25:16   |   354 kali

Dalam rangka memperingati 110 Tahun lelang Indonesia, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo menggelar sosialisasi pelaksanaan lelang dengan menggunakan aplikasi e-auction dan PP Nomor 3 Tahun 2018 tentang jenis dan tarif PNBP yang berlaku pada Kementerian Keuangan , Selasa (27/2) . Kegiatan yang digelar di lantai 3 KPKNL Sidoarjo ini dihadiri sekitar 300 orang.

Sosialisasi diikuti kalangan perbankan, satuan kerja pemerintah daerah, dan BPJS . Adapun unsur pimpinan yang hadir antara lain Pimpinan Cabang BRI Sidoarjo, Pimpinan Cabang Bank Mandiri, Kepala Kantor BPS Mojokerto, Kepala Bagian Umum Kanwil Bea Cukai Jatim 1, dan Kepala BPJS Sidoarjo .

Kepala KPKNL Sidoarjo Asep Suryadi mengatakan, selama ini lelang konotasinya mengarah ke barang – barang yang bermasalah . “ Kita ingin ubah image itu. Sesuai dengan tagline kita “ Modernisasi lelang untuk jual beli andal dan terpercaya” katanya.

Modernisasi itu salah satunya dengan sosialisasi aplikasi lelang (e-auction) yang digagas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara , Kementerian Keuangan Republik Indonesia, pada 7 November 2014. Peserta lelang maupun calon bisa menyampaikan penawaran lewat internet, penawaran bisa disaksikan langsung oleh para calon pembeli . “ Ini merupakan langkah yang tepat dalam mengakomodasi perkembangan bisnis dan pemasaran di era digital “. Paparnya.

Asep mengatakan , sistem e-Auction terbukti efektif . Terjkadi kenaikan harga dari Rp. 95 juta menjadi Rp. 96 juta dan Rp. 300 juta menjadi 310 juta. “ ini yang ingin kita tunjukkan ke masyarakat bahwa lelang lebih efektif , efisien dan mempunyai nilai lebih” katanya.

Asep bersyukur karena hampir setiap tahun target KPKNL Sidoarjo terus meningkat .” Tahun 2017 lalu, kita punya target 864 kali lelang, tapi malah jadi 1224 kali”, pungkasnya.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini