Berita DJKN

KPKNL Ternate Sosialisasikan Lelang kepada Praktisi Perbankan di Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara

Selasa, 19 Februari 2013 pukul 15:17:04   |   680 kali

Ternate – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang salah satu tugas dan fungsinya adalah dalam bidang lelang terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan citra lelang, agar tidak hanya diartikan sebagai pelaksanaan eksekusi atau lelang barang rongsokan dengan harga yang murah, sehingga lelang dapat bersaing dengan cara penjualan barang lainnya, seperti penjualan langsung, barter, hibah, atau dengan perantara/makelar/komisioner sehingga lelang dapat menjadi sarana transaksi jual-beli yang disukai, dipercaya, dan menjadi pilihan utama bagi siapapun sebagai sarana penjualan barang dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan sumber daya manusia di DJKN bisa melaksanakan tugas pokok di bidang lelang dengan sebaik-baiknya, dan mampu meningkatkan citra lelang sekaligus mengembangkan lelang di masyarakat.

Dalam rangka memberikan pemahaman yang sama kepada para praktisi perbankan di Kota Ternate tentang perpajakan dan lelang, pada 15 Februari 2013 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate memberikan sosialisasi tentang lelang dalam acara Sosialisasi Perpajakan dan Lelang yang diadakan oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara. Selain bekerja sama dengan KPKNL Ternate, Perwakilan Bank Indonesia tersebut juga bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ternate dalam memberikan sosialisasi tentang perpajakan.

Acara yang diadakan di ruang rapat Maitara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara, Kepala KPKNL Ternate, pegawai Bank Indonesia, serta praktisi perbankan di Kota Ternate.

Pada sesi sosialisasi lelang yang dibuka melalui sambutan dari Budiono selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara. Dalam sambutannya, ia berpesan kepada para praktisi perbankan agar selalu meng-update pengetahuan tentang lelang.

    

Selanjutnya, Kepala KPKNL Ternate Saiful Hadi menyampaikan terima kasih kepada Budiono karena telah berkenan memfasilitasi sosialisasi lelang ini. Pada kesempatan tersebut, Saiful Hadi menekankan pentingnya lelang sebagai instrument law enforcement dan sekilas peraturan lelang yang berlaku, serta menyampaikan sesuai data lelang hak tanggungan menempati prioritas utama terhadap capaian lelang KPKNL Ternate tahun 2011 dan tahun 2012.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Alim Bahri Lumaela mengenai lelang dan peraturan perundangan yang berlaku. Acara dilanjutkan dengan penyampaian tata cara lelang eksekusi Undang-Undang Hak Tanggungan dan lelang fidusia serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan lelang tersebut oleh pejabat lelang KPKNL Ternate Sutriadi. Antusiasme para peserta terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan sehingga tidak terasa waktu yang telah dijadwalkan terlewatkan.

Acara ditutup oleh Saiful dengan mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran dan partisipasi aktif para praktisi perbankan selaku stakeholders lelang, sekaligus menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan pertanyaan yang diajukan oleh peserta sebagai alternatif penyelesaian yang dapat disampaikan dan mengharapkan para peserta berkunjung ke KPKNL Ternate tentang hal yang berkaitan dengan lelang dan meminta kehadiran para peserta sosialisasi untuk dapat hadir dalam acara sosialisasi lelang KPKNL Ternate pada kesempatan berikutnya. (Sutriadi/Agung-KPKNL Ternate)

    

Foto Terkait Berita