Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Belajar menjadi pelayan yang excellent
N/a
Kamis, 21 Maret 2013 pukul 08:27:21   |   1947 kali

Pekalongan – Dalam suasana yang akrab dan gembira, seluruh pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan bersemangat mengikuti kegiatan In House Training yang diselenggarakan KPKNL Pekalongan dengan mengangkat tema “Menjadi customer service yang excellence”  bertempat di Aula KPKNL Pekalongan pada Selasa, 05 Maret 2013. Acara ini digagas oleh Kepala KPKNL Pekalongan Risang Hanung Hascarya agar KPKNL Pekalongan dapat menunjukkan jati diri sebagai kantor teladan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa dan sebagai tindak lanjut ditunjuknya KPKNL Pekalongan menjadi kantor percontohan  mewakili Kanwil IX DJKN Semarang.

Dalam sambutannya, Risang menyampaikan bahwa seluruh pegawai hendaknya selalu mempunyai sikap untuk selalu berbenah diri secara terus-menerus (continous improvement) dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi para stakeholder. Kegiatan ini penting dilaksanakan karena sampai saat ini KPKNL Pekalongan belum pernah mendapatkan kegiatan workshop pelayanan kantor teladan, sehingga diharapkan pegawai yang pernah mengikuti kegiatan seperti ini sebelum pindah ke KPKNL Pekalongan diharapkan untuk menularkan kepada teman-teman yang lain. 

   

Kepala KPKNL Pekalongan Risang Hanung memberikan pengarahan (kiri) dan suasana penyampaian materi (tengah) serta simulasi pelayanan (kanan)

Acara ini dibawakan oleh Kasi Hukum dan Informasi,  Eny Susanti yang sebelumnya pernah mendapatkan pelatihan serupa ketika bertugas di KPKNL Surakarta dan Kasi Pelayanan Lelang, Sri Widayati yang pernah mengikuti pelatihan pada saat bertugas di KPKNL Semarang serta Kasi Pelayanan Penilaian, Diah Sulastini R membantu pelaksanaan kegiatan ini. Dalam menyampaikan materinya Eny mengingatkan  bahwa hal yang sangat penting menjadi pemikiran kita adalah bagaimana cara memahami dan menciptakan kepuasan customer atau pengguna jasa,  tidak akan ada pekerjaan dan perkembangan tanpa customer sehingga kita harus berusaha bagaimana kita menjadi pilihan yang terbaik bagi customer yang datang ke kantor kita. Mereka tidak tergantung kepada kita tetapi kita butuh mereka. Dalam menerima customer, sebaiknya mengetahui tipe/karakter customer sehingga memudahkan kita untuk mengatasi mereka dengan baik. Kunci dalam memberikan pelayanan sebaik mungkin adalah :  3 S yaitu : Senyum, Salam dan Sapa  serta STARS yaitu : S= Sapa  customer dengan ramah, T= Tanyakan keperluannya, A= Atasi permasalahannya, R= Respect customer, S= Sampaikan terima kasih.   Menjadi sangat menarik karena Eny menyampaikan dengan gaya yang ringan dan  diselingi dengan simulasi oleh para pegawai yang didasarkan dari undian.Tak kalah menarik, dalam simulasi  Kepala Kantor juga kebagian undian sebagai stakeholder yang datang untuk dilayani oleh petugas Area Pelayanan Terpadu (APT). Eny juga menyertakan permainan-permainan segar yang menggugah pegawai untuk lebih terlibat  aktif dan bersemangat dalam kegiatan ini.

Di penghujung  acara, Kasubag Umum, Antonius Iwan Setyono menyampaikan hal-hal yang harus dilakukan oleh petugas APT berdasarkan buku layanan KPKNL Teladan. Sebelum  acara diakhiri,  Risang Hanung Hascarya menekankan kembali bahwa dalam memberikan pelayanan prima kuncinya adalah keikhlasan dan berharap semoga dengan kegiatan in house training ini para pegawai bisa memberikan pelayanan  menjadi lebih baik bagi para stakeholder sehingga apapun keperluan dan masalahnya bisa ditangani dengan baik dan kepuasan para stakeholder menjadi lebih optimal sehingga stakeholder akan datang kembali untuk menggunakan jasa layanan lainnya pada KPKNL Pekalongan.(@Eny Susanti/KPKNL Pekalongan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini