Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sosialisasi Lelang Hak Tanggungan dan Security Paper di KPKNL Jember
N/a
Selasa, 03 Juli 2012 pukul 10:01:59   |   782 kali

Jember- Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember mengadakan dua kegiatan sosialisasi, yakni sosialisasi security paper yang diikuti oleh Kantor Pertanahan, Kantor Samsat, Polres di wilayah kerja KPKNL Jember pada tanggal 28 Mei 2012, sedangkan sosialisasi mengenai lelang hak tanggungan yang dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2012 dihadiri oleh perbankan di lingkungan eks. Karisidenan Besuki Jawa Timur. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Gedung Aula KPKNL Jember.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB, dengan diawali sambutan dari Rahmat Effendi, Kepala KPKNL Jember, ia menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan sosialiasi mengenai security paper dan lelang hak tanggungan, yaitu :

1.      menyampaikan format baru dari Risalah Lelang kepada stakeholder yang berkaitan   dengan perubahan kepemilikan hasil lelang, dari yang sebelumnya berupa risalah/berita acara menjadi dalam bentuk sertifikat sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor PER-02/KN/2012;

2.      menyampaikan peran lelang dalam penyelesaian kredit macet, khususnya lelang hak tanggungan;

3.      memberikan persamaan persepsi dari stakeholder lelang dalam pengurusan lelang hak tanggungan.

Pada acara berikutnya, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Jember Dwinanto menyampaikan materi simplifying and security paper risalah lelang, serta materi peran lelang dalam penyelesaian kredit macet. Dwinanto menyampaikan fitur-fitur keamanan pada security paper risalah lelang, yang diharapkan mampu mencegah penyalahgunaan dan pemalsuan risalah lelang, serta menjadikan sebagai akta yang khas dalam setiap pelaksanaan lelang (akta van transport) sehingga dapat menciptakan rasa aman bagi pembeli lelang (stakeholder). Selain itu, pemberlakuan kutipan risalah lelang dalam bentuk security paper diharapkan mampu memberikan kemudahan menyelesaikan pembuatan kutipan risalah lelang dalam jangka waktu yang sesuai SOP dengan pelayanan yang cepat dan prima oleh KPKNL Jember.

    

Dilanjutkan materi peran lelang dalam penyelesaian kredit macet khususnya lelang hak tanggungan, pria lulusan Magister Universitas Mulawarman ini diantaranya menyampaikan arti penting lelang dalam penyelesaian kredit macet, melalui penerbitan pengumuman lelang hak tanggungan di media cetak memungkinkan adanya respon dari debitur untuk menyelesaikan hutangnya (shock therapy). Pada kesempatan itu, disampaikan pula prosedur teknis dan tata cara pelaksanaan lelang hak tanggungan serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam proses balik nama obyek lelang yang diajukan oleh pembeli lelang.

Terkait dengan beberapa permasalahan lelang hak tanggungan, ditegaskan bahwa KPKNL Jember tidak dapat memberikan keringanan hutang yang diajukan oleh debitur (pemberi hak tanggungan) dan pembatalan pelaksanaan lelang sepanjang dokumen dan persyaratan sudah lengkap. Hal ini sesuai dengan arti penting lelang (sales means auctions) dalam penyelesaian kredit macet/bermasalah pada sektor perbankan, sehingga lelang yang dilaksanakan oleh KPKNL Jember dapat dilaksanakan secara obyektif dan kompetitif tanpa mengesampingkan fungsi built ini control oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Pada sesi tanya jawab, peserta sangat antusias menanyakan hal yang berkaitan dengan security paper risalah lelang dan mengenai lelang hak tanggungan, yang dijawab oleh narasumber dan dilengkapi oleh Pejabat Lelang KPKNL Jember.

Pada akhir acara, Anita Dhamajanti Kepala Subbag Umum yang mewakili Kepala KPKNL Jember menutup kegiatan sosialisasi. Anita berharap dengan terlaksananya sosialisasi tentang lelang ini dapat membantu stakeholder dalam pengurusan lelang hak tanggungan sampai dengan proses balik nama yang aman dari barang hasil lelang dengan security paper risalah lelang. (Eko-KPKNL Jember)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini